Rabu

ARTIKEL Cerita | Sejarah |Mengenal Suku Dayak

Suku Dayak




Suku Dayak adalah suku asli Kalimantan yang hidup berkelompok yang tinggal di pedalaman, di gunung, dan sebagainya. Kata Dayak itu sendiri sebenarnya diberikan oleh orang-orang Melayu yang datang ke Kalimantan. Orang-orang Dayak sendiri sebenarnya keberatan memakai nama Dayak, sebab lebih diartikan agak negatif. Padahal, semboyan orang Dayak adalah “Menteng Ueh Mamut”, yang berarti seseorang yang memiliki kekuatan gagah berani, serta tidak kenal menyerah atau pantang mundur.

ASAL MULA
Pada tahun (1977-1978) saat itu, benua Asia dan pulau Kalimantan yang merupakan bagian nusantara yang masih menyatu, yang memungkinkan ras mongoloid dari asia mengembara melalui daratan dan sampai di Kalimantan dengan melintasi pegunungan yang sekarang disebut pegunungan “Muller-Schwaner”. Suku Dayak merupakan penduduk Kalimantan yang sejati. Namun setelah orang-orang Melayu dari Sumatra dan Semenanjung Malaka datang, mereka makin lama makin mundur ke dalam.

Belum lagi kedatangan orang-orang Bugis, Makasar, dan Jawa pada masa kejayaan Kerajaan Majapahit. Suku Dayak hidup terpencar-pencar di seluruh wilayah Kalimantan dalam rentang waktu yang lama, mereka harus menyebar menelusuri sungai-sungai hingga ke hilir dan kemudian mendiami pesisir pulau Kalimantan. Suku ini terdiri atas beberapa suku yang masing-masing memiliki sifat dan perilaku berbeda.

Suku Dayak pernah membangun sebuah kerajaan. Dalam tradisi lisan Dayak, sering disebut ”Nansarunai Usak Jawa”, yakni sebuah kerajaan Dayak Nansarunai yang hancur oleh Majapahit, yang diperkirakan terjadi antara tahun 1309-1389 (Fridolin Ukur,1971). Kejadian tersebut mengakibatkan suku Dayak terdesak dan terpencar, sebagian masuk daerah pedalaman. Arus besar berikutnya terjadi pada saat pengaruh Islam yang berasala dari kerajaan Demak bersama masuknya para pedagang Melayu (sekitar tahun 1608).

Sebagian besar suku Dayak memeluk Islam dan tidak lagi mengakui dirinya sebagai orang Dayak, tapi menyebut dirinya sebagai orang Melayu atau orang Banjar. Sedangkan orang Dayak yang menolak agama Islam kembali menyusuri sungai, masuk ke pedalaman di Kalimantan Tengah, bermukim di daerah-daerah Kayu Tangi, Amuntai, Margasari, Watang Amandit, Labuan Lawas dan Watang Balangan. Sebagain lagi terus terdesak masuk rimba. Orang Dayak pemeluk Islam kebanyakan berada di Kalimantan Selatan dan sebagian Kotawaringin, salah seorang Sultan Kesultanan Banjar yang terkenal adalah Lambung Mangkurat sebenarnya adalah seorang Dayak (Ma’anyan atau Ot Danum)

Tidak hanya dari nusantara, bangsa-bangsa lain juga berdatangan ke Kalimantan. Bangsa Tionghoa diperkirakan mulai datang ke Kalimantan pada masa Dinasti Ming tahun 1368-1643. Dari manuskrip berhuruf kanji disebutkan bahwa kota yang pertama di kunjungi adalah Banjarmasin. Tetapi masih belum jelas apakah bangsa Tionghoa datang pada era Bajarmasin (dibawah hegemoni Majapahit) atau di era Islam.

Kedatangan bangsa Tionghoa tidak mengakibatkan perpindahan penduduk Dayak dan tidak memiliki pengaruh langsung karena langsung karena mereka hanya berdagang, terutama dengan kerajaan Banjar di Banjarmasin. Mereka tidak langsung berniaga dengan orang Dayak. Peninggalan bangsa Tionghoa masih disimpan oleh sebagian suku Dayak seperti piring malawen, belanga (guci) dan peralatan keramik.

Sejak awal abad V bangsa Tionghoa telah sampai di Kalimantan. Pada abad XV Raja Yung Lo mengirim sebuah angkatan perang besar ke selatan (termasuk Nusantara) di bawah pimpinan Chang Ho, dan kembali ke Tiongkok pada tahun 1407, setelah sebelumnya singgah ke Jawa, Kalimantan, Malaka, Manila dan Solok. Pada tahun 1750, Sultan Mempawah menerima orang-orang Tionghoa (dari Brunei) yang sedang mencari emas. Orang-orang Tionghoa tersebut membawa juga barang dagangan diantaranya candu, sutera, barang pecah belah seperti piring, cangkir, mangkok dan guci (Sarwoto kertodipoero,1963)

Dibawah ini ada beberapa adat istiadat bagi suku dayak yang masih terpelihara hingga kini, dan dunia supranatural Suku Dayak pada zaman dahulu maupun zaman sekarang yang masih kuat sampai sekarang. Adat istiadat ini merupakan salah satu kekayaan budaya yang dimiliki oleh Bangsa Indonesia, karena pada awal mulanya Suku Dayak berasal dari pedalaman Kalimantan.

Upacara Tiwah
Upacara Tiwah merupakan acara adat suku Dayak. Tiwah merupakan upacara yang dilaksanakan untuk pengantaran tulang orang yang sudah meninggal ke Sandung yang sudah di buat. Sandung adalah tempat yang semacam rumah kecil yang memang dibuat khusus untuk mereka yang sudah meninggal dunia.

Upacara Tiwah bagi Suku Dayak sangatlah sakral, pada acara Tiwah ini sebelum tulang-tulang orang yang sudah mati tersebut di antar dan diletakkan ke tempatnya (sandung), banyak sekali acara-acara ritual, tarian, suara gong maupun hiburan lain. Sampai akhirnya tulang-tulang tersebut di letakkan di tempatnya (Sandung).

Dunia Supranatural
Dunia Supranatural bagi Suku Dayak memang sudah sejak jaman dulu merupakan ciri khas kebudayaan Dayak. Karena supranatural ini pula orang luar negeri sana menyebut Dayak sebagai pemakan manusia ( kanibal ). Namun pada kenyataannya Suku Dayak adalah suku yang sangat cinta damai asal mereka tidak di ganggu dan ditindas semena-mena. Kekuatan supranatural Dayak Kalimantan banyak jenisnya, contohnya Manajah Antang. Manajah Antang merupakan cara suku Dayak untuk mencari petunjuk seperti mencari keberadaan musuh yang sulit di temukan dari arwah para leluhur dengan media burung Antang, dimanapun musuh yang di cari pasti akan ditemukan.

Mangkok merah. Mangkok merah merupakan media persatuan Suku Dayak. Mangkok merah beredar jika orang Dayak merasa kedaulatan mereka dalam bahaya besar. “Panglima” atau sering suku Dayak sebut Pangkalima biasanya mengeluarkan isyarat siaga atau perang berupa mangkok merah yang di edarkan dari kampung ke kampung secara cepat sekali. Dari penampilan sehari-hari banyak orang tidak tahu siapa panglima Dayak itu. Orangnya biasa-biasa saja, hanya saja ia mempunyai kekuatan supranatural yang luar biasa. Percaya atau tidak panglima itu mempunyai ilmu bisa terbang kebal dari apa saja seperti peluru, senjata tajam dan sebagainya.

Mangkok merah tidak sembarangan diedarkan. Sebelum diedarkan sang panglima harus membuat acara adat untuk mengetahui kapan waktu yang tepat untuk memulai perang. Dalam acara adat itu roh para leluhur akan merasuki dalam tubuh pangkalima lalu jika pangkalima tersebut ber “Tariu” ( memanggil roh leluhur untuk untuk meminta bantuan dan menyatakan perang ) maka orang-orang Dayak yang mendengarnya juga akan mempunyai kekuatan seperti panglimanya. Biasanya orang yang jiwanya labil bisa sakit atau gila bila mendengar tariu.

Orang-orang yang sudah dirasuki roh para leluhur akan menjadi manusia dan bukan. Sehingga biasanya darah, hati korban yang dibunuh akan dimakan. Jika tidak dalam suasana perang tidak pernah orang Dayak makan manusia. Kepala dipenggal, dikuliti dan di simpan untuk keperluan upacara adat. Meminum darah dan memakan hati itu, maka kekuatan magis akan bertambah. Makin banyak musuh dibunuh maka orang tersebut makin sakti.

Mangkok merah terbuat dari teras bambu (ada yang mengatakan terbuat dari tanah liat) yang didesain dalam bentuk bundar segera dibuat. Untuk menyertai mangkok ini disediakan juga perlengkapan lainnya seperti ubi jerangau merah (acorus calamus) yang melambangkan keberanian (ada yang mengatakan bisa diganti dengan beras kuning), bulu ayam merah untuk terbang, lampu obor dari bambu untuk suluh (ada yang mengatakan bisa diganti dengan sebatang korek api), daun rumbia (metroxylon sagus) untuk tempat berteduh dan tali simpul dari kulit kepuak sebagai lambang persatuan. Perlengkapan tadi dikemas dalam mangkok dari bambu itu dan dibungkus dengan kain merah.

Menurut cerita turun-temurun mangkok merah pertama beredar ketika perang melawan Jepang dulu. Lalu terjadi lagi ketika pengusiran orang Tionghoa dari daerah-daerah Dayak pada tahun 1967. pengusiran Dayak terhadap orang Tionghoa bukannya perang antar etnis tetapi lebih banyak muatan politisnya. Sebab saat itu Indonesia sedang konfrontasi dengan Malaysia.

Menurut kepercayaan Dayak, terutama yang dipedalaman Kalimantan yang disampaikan dari mulut ke mulut, dari nenek kepada bapak, dari bapak kepada anak, hingga saat ini yang tidak tertulis mengakibatkan menjadi lebih atau kurang dari yang sebenar-benarnya, bahwa asal-usul nenek moyang suku Dayak itu diturunkan dari langit yang ke tujuh ke dunia ini dengan “Palangka Bulau” ( Palangka artinya suci, bersih, merupakan ancak, sebagai tandu yang suci, gandar yang suci dari emas diturunkan dari langit, sering juga disebutkan “Ancak atau Kalangkang” ).

Sumber : "nilaieka.blogspot.com"

ARTIKEL Sekelumit dari Perang Banjar

 Melawan Belanda, 5 Pangeran Banjar Lari ke Kutai Pada tahun 1859 hingga tahun 1863 perang Kerajaan Banjar melawan Belanda berlangsung sengit hingga berjalan selama empat tahun. Perang Banjar ini dipimpin oleh Pangeran Antasari yang membuat Belanda kalang kabut, karena hampir di seluruh daerah Banjar bergolak melakukan perlawanan.

PIHAK Belanda mengajak melakukan perundingan secara damai, namun hal tersebut ditolak oleh para bangsawan Banjar yang didukung oleh orang orang Dayak Kayan pedalaman yang sekarang menjadi Kalimantan Tengah.

“Waja sampai Kaputing“. Itulah semboyan orang-orang Banjar dalam melakukan perlawanan terhadap Belanda. Perang yang berlangsung selama empat tahun ini amat banyak merugikan pihak Belanda. Semua hasil bumi tak bisa dibeli. Walau pasukan Belanda didatangkan dari Jawa dan Makasar.

Perlawanan kaum pribumi terhadap Belanda bukan hanya terjadi di Banjarmasin Kalimantan Selatan, tetapi juga Belanda harus menghadapi pula orang-orang Melayu dari Kerajaan Pontianak Kalimantan Barat yang memberontak.

Di Pontianak ini seluruh rakyat tak mau melakukan pembayaran pajak dan menyerahkan hasil  bumi mereka pada Belanda. Lumbung-Lumbung milik Belanda dihancurkan dan dibakar sampai rata dengan tanah. Disinipun perlawanan terjadi baik di pusat kota kerajaan Pontianak maupun sampai di daerah pemukiman keturunan Cina dari suku “Khe“ yang berdiam di Singkawang maupun Sambas.
 
Orang-orang keturunan Cina baik di Sambas maupun Singkawang ini amat disegani dan ditakuti pihak Belanda. Rata-rata orang keturunan Cina tersebut selain berani juga pandai berkelahi. Dalam sejarah, hanya Raja Pontianaklah yang tak pernah menyerah dan tunduk kepada kerajaan Belanda hingga sampai pada perang kemerdekaan. Para Bangsawannya memang banyak yang gugur dan ditawan serta diasingkan oleh pihak Belanda. Namun demikian perlawanan tetap saja berjalan dimana-mana.

Begitu pula dengan kerabat bangsawan Banjar. Sekalipun perang dapat diselesaikan dengan menumpas dan menundukkan para pemberontak, tetapi kata-kata menyerah tak pernah terucap dari orang-orang Banjar. “Kalah berperang bukan berarti menyerah,” begitu ucap Pangeran Antasari ketika tertawan oleh pihak Belanda. Sekalipun laskar Pangeran Antasari sudah dapat dikalahkan, namun perlawanan tetap saja
ada dimana-mana sekalipun secara kecil-kecilan. Pihak Belanda amat jarang dapat bertahan lama di daerah Rantau, Kandangan dan Amuntai. Masalahnya diketiga daerah ini perlawanan terjadi bagai berperang dengan “ hantu “.

Dalam menghadapi perang Banjar ini, walau Belanda telah didukung oleh pasukan dari Makassar dan Balikpapan. Terpaksa meminta bantuan tambahan yang lebih besar dari Surabaya atau Jawa Timur. Kekuatan pun berlipat ganda dengan persenjataan yang lengkap sehingga dapat menumpas para pejuang Banjar. Dalam keadaan terjepit Pangeran Ardi, yang berkedudukan di Banjarmasin, Pangeran Singa Menteri, di daerah Rantau, Pangeran Nata, di Amuntai, Pangeran Surya Nata, di Kandangan, Pangeran Permata Sari, di Tanjung Tabalong, keadaan mereka kian lama kian terdesak atas pendudukan tentara Belanda yang berkekuatan sangat besar serta mendirikan benteng-benteng penumpasan pada setiap perlawanan. Siapapun yang tertangkap tak ampun langsung dihukum mati.

Karenanya, untuk menghindari penangkapan ini disamping melemahnya perlawanan terhadap Belanda maka kelima Pangeran ini memutuskan untuk meminta perlindungan pada pihak Kerajaan Kutai di Tenggarong.
Mereka lalu berangkat menuju daerah Kutai dan memasuki sungai Mahakam hingga sampai ke daerah Muara Pahu sebuah kerajaan kecil di bawah kekuasaan kerajaan Kutai yang dirajai “ Raden Mara Jelau.” Keturunan dari Raden Baroh.

Namun karena kerajaan Kutai Ing Matadipura sudah tunduk dan mengakui kedaulatan Kerajaan Belanda atas kerajaannya, maka Sultan Aji Muhammad Sulaiman, memerintahkan agar kelima Pangeran Banjar tersebut menghadap ke Tenggarong. Dalam putusan, Pangeran Ardi diserahkan kepada Belanda di Banjarmasin karena dianggap sebagai biang pemberontakan di samping Pangeran Antasari.

Pangeran Ardi yang diserahkan kepada Belanda, di Banjarmasin akhirnya meninggal dunia di dalam tahanan. Kematian Pangeran Ardi ini menimbulkan cerita simpang siur. Ada yang mengatakan dibunuh dalam tahanan, ada pula yang mengatakan dibuang keluar Kalimantan. Tetapi ada pula yang mengatakan Pangeran Ardi meninggal karena sakit. Namun demikian ada pula cerita yang mengatakan kalau Pangeran Ardi ini menghilang entah kemana. Kalau si Pangeran tewas, tentu ada kuburnya? Namun hingga sekarang tak jelas dimana makamnya atau keberadaannya.

Ada pula cerita lain yang mengatakan kalau Pangeran Ardi setelah dimasukan ke dalam tahanan ternyata diloloskan oleh seseorang dari pihak militer Belanda yang bersimpati kepada Pangeran Ardi. Dikatakan Pangeran Ardi dilarikan ke daerah kerajaan Serawak dan mendapat perlindungan penuh dari Raja Serawak. Pangeran Ardi berganti nama dan berketurunan hingga anak cucu serta menetap hingga akhir hayatnya di Kerajaan Serawak.

Di lain pihak, Pangeran Nata diberi suaka untuk membantu penjawat Kerajaan di Muara Pahu sedang tiga Pangeran lainnya menetap di Tenggarong atas jaminan dan perlindungan Sultan Aji Muhammad Sulaiman. Salah satu dari ketiga Pangeran ini juga beranak cucu di Kerajaan Kutai, salah satu diantaranya menjadi kepercayaan sultan yang memberi gelar kepada keturunan tersebut dengan gelar “Panglima Katoeng“ dengan wilayah kekuasaannya di daerah “ Loa Kulu“. Sayangnya garis keturunan yang mana dari ketiga pangeran tersebut yang menurunkan “Panglima Katoeng.” dimaksud. kepastiannya jadi tak jelas.

Sedang para pengikut kelima Pangeran Banjar diperbolehkan pula tinggal di daerah Kutai yang keturunannya hingga kini menyebar di daerah Danau Semayang, Muara Muntai, Muara Pahu, Danau Jempang, Danau Melintang, dan Kota Bangun.dengan mata pencarian utama adalah sebagai nelayan dan petani.-.
(sumber : www.bongkar.co.id)

Senin

Testimonial

TESTIMONIAL

Testimonial ini sebagai tanda bahwa web dari kami memang jujur dan terpercaya. Saya akan terus sempatkan diri saya untuk mengupdate web ini disamping sibuk melayani pelanggan yang menyenangkan. InsyaAllah saya akan terus memberikan yang terbaik untuk pelanggan saya. Beberapa dirahasiakan nomor dan namanya alasan privasi.

TESTIMONIAL PELANGGAN 100 % Kejujuran Bukan rekayasa





+6281368172xxx
Ass..Bambu dan buluhnya dah sampe. Kalau boleh tau kegunaan keduanya apa ya. Trus gimana cara penggunaannya. Wass..


+6281315620xxx

Brp hr nympe pak ?

Perkiraan sampai sabtu

Met sore pak, paket udh nyampe ...3 buah kayu ...

Mksh bnyk pak


Firman +6285751956xxx


Barang udah nyampe

Thanks yo gan


Sama2


+6281314904xxx
Ass. . . . Masksh tasbih udh yampe .doain aja pa tasbih maafaat dan berkhasiat bg sy yg pake nya pa ya.

Amin





Wahyudin +622146347xxx

batu nilamnya udah saya terima pa, makasih

Makasih kembali pa




+6282129908xxx

Trmksh batu jilatan sdj sy terima.



+6281272886xxx
Pak Ivan.

Tarxxx Berxxx Madunya sdh sampai di rmh saya hari ini pk 13.10 WIB. Trmksh utk bantuannya.
Dharwin D - Bd. Lpg




+6281363894xxx

Ass, Terimakasih bpk, paket myk malaikat subuh 10 botol sdh sy terima plus bonusnya 2 batu cincin.

Mksh kerjasamanya.

Makasih banyak gan :)



+6281908441xxx
Gan udah sampai ne pketnya ini bayunya dpt 3 ada yg coklat juga it masuk k byu jilatan bukan? Makasih yah bonusnya.

Masuk gan. Sama sama




+6285750723xxx
Alhamdulillah makasih agan

Alhamdulilah gan Dan udh saya coba gan bulu perindu bisa bergerk sndri sprti yg agan blg..

Luar biasa..sukses buat spiritual kalimantan gan semoga dilimpahi berkat dr allah swt. Amin.




08567687xxx
Aslm. Pak kalo dah terima sms ya. Dan update paket terima ditokopedia.

Makasih bapak

Sdh dtrima bos thz




+6285253067xxx
Slmt malam tuan, sy yudhi di malang, paket sudah sampe,terimakasih banyak ya.oya sy lupa dlm paket ada rotan/bambu! Itu apa ya sy lupa,,juga ada akik putih 2,,mhn bantu diinfo ya, trims





+6281330685xxx

Sip mas Ivan saya sudah cek..hari datang sekarang masih di surabaya jam 4 sudah datang.. Mas Ivan terima kasih sangat ya..ini bila sudah saya terlaksana..saya akan mampir ke bjrmasin kenalan sekaligus silaturahmi krn yg ada rejekinya ternyata mas Ivan..

Barang itu sudah kami cari seluruh jawa timur.. Bahkan pesan ke jogja. Solo dan jakarta..

Pesanan datang tp tidak cocok.. Hanya dari mas Ivan yang cocok sekali lagi terima kasih





+6285664229xxx

Barangnya udah sampe gan, rp kok ada koinnya ?

Ini untuk apa ya?

Bonus gan

Manfaatnya apa itu gan ?

Sekedar liontin gan.




+6285247020xxx
Makasi bang. Mudahan rezeki atas kebaikan n kejujuran.a. Inzaallah ntah hari ini to esok d transfer n saya akan kirimkan alamat yg lengkap untuk pengiriman.a. Trims. Wsslm






+6285716825xxx

Malam pak...

Rompinya sudh saya terima pak...

Trimakasih bnyk pak....





+628567411xxx

Gan, batunya sudah sampai.

Terimakasih banyak.

Oke sama2 gan





+6285272162xxx
Aslm.pa alhmdlh brng dah nyampe trimakasih?eh mau nan apa ada badar besi dan intan lantakan brp hrg nx
Batu nempel magnet ada



+6281908441xxx
Gan udah sampai ne pketnya ini bayunya dpt 3 ada yg coklat juga it masuk k byu jilatan bukan? Makasih yah bonusnya.

Masuk gan. Sama sama




+6281219513xxx

Aslmkm bos

Batu kalimaya banten pagar diri sdh smpai




+6281377153xxx
Pak minyak apek jin sama madat tengkorak nya sudah sampai. Terima kasih hadiah batu nya ya pak.

Makasih kembali bapak





+62811104xxx

Ooooo.. Terima kasih bro...

Sama2 bro

Paket udh sampai bro...
Dpt bonus pula... Tx..

Sama sama bro :)




+628161877xxx

Ok sgre dkrm

Ass, kiriman tasbeh sudah diterima dgn baik. Matur nuwun.

Makasih pak










Ibu : Mas ivan kiriman paket udah sampai ya barusam ibu seneng cinccinnya di pake dong dijari tengah.







081234 : " Pak Ivan paketannya sudah saya terima, terimakasih







081679:"Mas Ivan Al Quran nya udah aq terima barusan , cantik dan imut? Antik lagi makasih banyak aku suka semoga bisa menambah aku lebih cinta Al Quran.










Hebat.,

Pakwira: " Aku salut akan ketelatenan pemilik dan keantikan serta keunikan koleksinya, makasi aku banyak belajar dari melihat dan membaca webnya.
















Pak Andi 08567101xxx : Assalamualaikum , pak Ivan Paketnya sudah sampai Jakarta, cepat sekali? Makasih pak mudah2x Jodoh



Pak Entus 02130762xxx : Ass. Paket sdh saya trima sesuai psanan.. website dgn referensi trpercaya tuk kolektor sprti saya.. mantaap. -Entus S-

















LPJ -malaysia makasih bro..barangnya udah nyampe..rekomended seller nih..top abis..jujur dan bisa dipercayai..ane yg beli dari malaysia mas..








Bpk Chan Di Tanjung Priok : " Barang udah diterima bro. Thanks, Senang berberlanja dgn kamu"



















Bpk di Mandao " Makasih Banyak barang sudah diterima dengan Baik, senang berbisnis dengan Anda "







Ibu Yolla


08779xxxxx " Selamat Pagi pak, Paket sudah saya terima"




Bapak Raditya 08563307xxx :"Barang sudah saya terima tepat waktu dalam kondisi baik sesuai kondisi yang saya lihat dalam foto tanpa cacat/kekurangan apapun. terimakasih".








Saya Menanyakan: " Selamat siang, apakah barang telah diterima dengan baik"


Bapak Irvan 081977793xxx :"Sudah pak, Trm Ksh kalo ada yang bagus blh hubungi saya".






Pak Andhika


085746011xxx " Asslm. Kirimannya sudah diterima mas, terimakasih banyak "






Pak Ridho


085220709xxx


"Mas Barang dah nyampe , thanks"




Pak Antonius 0816534xxx : " Cincin sdh saya terima dgn baik pak, trimakasih "


Testimonial ini sesuai dengan foto dihandphone saya diatas.




Pelanggan 1 : Pak, Panahnya sudah ulun terima , tks

Pelanggan 2 : Ass, Pak Ivan , Paket Sudah sampai kemarin. Terimakasih

Pelanggan 3 : Ass.Wrwb. Mas, batunya udah sampai , bagus batunya. Kalau ada yang lebih besar lagi ya ukurannya, thanks

Pelanggan 4 : Slmt Malam , Terimakasih paketnya sudah sampai mudah2an cepat habis order lagi ok!

Pelanggan 5 : Bos kirimannya sudah aku terima. tq

Pelanggan 6 : Bos Longbownya dah nyampe, trims.

Pelanggan 7 : Dengan Hormat, Bersama ini kami menginformasikan bahwa: barang yang bapak kirim sudah kami terima dengan kondisi baik , Demikian, terima kasih.

Pelanggan

Pelanggan 8 : Paketnya sudah sampai trims

081890: Bos, brg sudah diterima dalam kondisi bagus thx.

Batu dalam kapas adalah batu kecubung sebagai bonus. Caranya sudah saya sms balik :)

Testimonial akan terus bertambah





TERPERCAYA








Sabtu

(Artikel) Permata Berdasarkan Pada Batu Kelahiran

Batu Permata Berdasarkan Pada Batu Kelahiran

Batu Kelahiran Modern merupakan daftar batu kelahiran yang diakui oleh American National Association of Jewelers, Jewelers of America. Batu-batu permata ini secara resmi diakui pada tahun 1912. Di Amerika, daftar inilah yang diakui.
Batu Kelahiran Tradisional merupakan daftar permata yang lebih tua umurnya (sudah ada sejak abad 15), sesuai tradisi yang berlaku dari masing-masing masyarakat, dan kadang dikombinasikan dengan daftar Batu Kelahiran Modern. Banyak ahli permata yang mempunyai daftar yang berbeda untuk Batu Kelahiran Tradisional ini.
Daftar Batu Kelahiran Mistikal berasal dari Tibet, ada sejak lebih dari seribu tahun yang lalu.
Daftar Batu Kelahiran Ayurvedic berasal dari ilmu pengobatan Indian Ayurvedic, sebuah jenis pengobatan yang telah digunakan sejak ribuan tahun.
Batu Permata yang terdaftar dibawah kolom "Lainnya" dikorelasikan oleh Dave Thompson dan partisipan lain di usenet newsgroup rec. crafts jewelry sebagai batu kelahiran alternatif. 

Tabel dan Gambar Batu Permata Berdasarkan Batu Kelahiran

Bulan Kelahiran
Batu Kelahiran Modern
Batu Kelahiran Tradisional
Batu Kelahiran Mistikal
Batu Kelahiran Ayurvedic
Batu Kelahiran Lainnya
Januari Garnet Garnet Emerald / Zamrut Garnet Rose Quartz, Onyx, Jet, Obsidian
Februari Amethyst / Kecubung Amethyst / Kecubung Bloodstone Amethyst / Kecubung Onyx, Lapis Lazuli, Blue Sapphire, Moonstone/biduri bulan , Batu Biru Laut
Maret Batu Biru Laut Bloodstone Jade / Giok Bloodstone Rock Crystal, Diamond/berlian , Turquoise, Tourmaline
April Diamond / Intan / berlian Diamond / Intan / berlian Opal / Kalimaya Diamond / Intan Quartz, White Sapphire, Ruby, Coral, Carnelian
Mei Emerald / Zamrut Emerald / Zamrut Sapphire Agate / Akik Chrysoprase, Beryl, Topaz kuning, Lapis Lasuli, Azurite
Juni Pearl / Mutiara, Moonstone/ Biduri bulan Alexandrite Moonstone Pearl / Mutiara Opal / Kalimaya, Kristal, Batu Biru Laut
Juli Ruby / Mirah Ruby / Mirah Ruby / Mirah Ruby / Mirah Carnelian, Pyrus Hijau / Green Turquoise
Agustus Peridot Sardonyx Diamond / Intan Sapphire Jade / Giok, Ruby / Mirah, Jacinth
September Sapphire Sapphire Agate / Akik Moonstone Lapis Lazuli, Diamond / Intan, Azurite, Chrysolite, Rhodochrosite
Oktober Opal / Kalimaya, Tourmaline Tourmaline Jasper / Hati Ayam Opal / Kalimaya Zircon, Pink Tourmaline, Batu Biru Laut, Fire Agate, Agate / Akik
November Topaz kuning, Citrine / Kwarsa Kuning Citrine / Kwarsa Kuning Pearl / Mutiara Topaz Diamond / Intan, Coral, Zircon
Desember Blue Topaz, Turquoise / Pyrus Zircon, Lapis Lazuli, Pyrus / Turquoise Onyx Ruby / Mirah Malachite


Belanja batu permata kecubung disini 

Belanja batu biduri klik disini

Belanja batu merah delima disini


JUAL Permata Biduri Bulan ( MoonStone )


Moonstone
Jual koleksi Batu Permata |Biduri | Batu Mulia
Moonstone dikatakan dapat menyeimbangkan yin/yang, mengatur fungsi kelenjar Pituitary, menjernihkan dan meningkatkan panca indera. Juga membantu orang yang kurang sensitif/tanggap terhadap diri sendiri dan orang lain (mengurangi keegoisan). Di India, moonstone dihargai sebagai batu suci/keramat. Dipercaya akan membawa masa depan yang baik. Legenda mengatakan bahwa Moonstone adalah hadiah yang sangat berharga untuk kekasih karena akan membangkitkan gairah kelembutan dan biasa disebut sebagai batu yang menimbulkan cinta kasih.


Sangat cocok untuk Anda yang lahir pada bulan Februari , Juni, September

( Ready Stok ) Batu Permata Biduri Bulan(moonstone)
 Batu Alam Biduri Bulan
 Asal : Martapura - Kal-sel
 Warna : Putih Bulan keawanan
 Sifat tembus: Buram.(seperti awan)
Bentuk : Bulat
 Comment : mantap gan serasa ada awan atau salju di jari kita hingga hati kita merasa selalu sejuk ketika menatap dan menyentuh batu ini. murah tapi bukan murahan.
 ukuran : kurang lebih 10 mm x 10mm x 5 mm

Harga : Rp.120.000,- / buah

Jumat

ARTIKEL Lagu Inspirasi Ku


Iseng nonton TV di TPI terdengar OST dari sebuah acara tv yang unik sekali. Mendengar dan memahami liriknya sambil senyam senyum unik bikin saya tambah semangat jualannya karena dibalik lirik ini terdapat banyak makna dan pelajaran yang saya dapatkan.


Si MAMAT, anak Betawi asli
Hello 'Mat.. Elo 'Mat

Si MAMAT Anak Pasar Jangkrik
Usahenye jualan batu akik
Dari batu kecubung sampai mirah delima juga ade kalimaya

Nyadarin jamannye repormasi
gak useh ragu mencari rejeki
Lebih baek mandiri usahe sane sini
yang halal yang kite cari

MAMAT emang anak Betawi asli
tapi paling anti sama korupsi
Denger pejabat yang boongin rakyat
disumpahin idupnye melarat
Cite-cite si MAMAT membangun masa depan
pedagang kecil bisa mapan cukup sandang dan pangan
Sekoleh anak lancar biar bisa jadi orang

Elo kan sebagain anak Betawi 'Mat
Elo cari deh terobosan baru buat nembus pasaran dunie
Sekarang elo tinggal di Pasar Jangkrik
siapa tau besok tinggal di Real Estate
 sumber:www.tpi.tv

Kamis

ARTIKEL Mengenal batu permata: alam , proses/sintesis, Imitasi. ( artikel )


Syarat batu asli ada beberapa punya serat dan , Batu kristal asli sebenarnya tidak mempunyai serat, kecuali dia berasal dari fosil binatang atau pepohonan dll. Bila, misalnya, kristal terbentuk oleh udara (corundum -- safir dan ruby), karbon (diamond) dan yang sejenis terjadi yang dalam bahasa Inggris disebut "fraction", yaitu keretakan. Keretakan ini sering terlihat seperti serat-serat. Keretakan itu ada yang bisa dilihat dengan mata telanjang, dengan pembesaran (loupe) 10 kali pembesaran, juga ada yang hanya bisa dilihat dengan pembesaran 40 kali pembesaran atau lebih. Batu asli yang mempunyai keretakan tertinggi adalah diamond (kata orang Banjar intan atau berlian). Bila ada berlian bersih lagi transparent tanpa ada keretakan sebab kita hanya melihat dengan loupe 10 kali pembesaran, tapi kalau kita dengan 40 kali pembesaran atau lebih akan terlihat banyak keretakan di dalamnya. Untuk mengkaji lebih mendalam ada dua buku yang membahas tentang kristal, yaitu Manual of Mineralogy oleh Cornelis Klein dan Cornelius S. Hurlbut, Jr, atau A Course of Mineralogy oleh V. Agol, atau buku-buku yang membahas kristal di perpustakaan-perpustakan.

Mengenai serat-serat pada batu permata, ini kebiasaan orang Banjar, Martapura, yang dalam bahasa Inggris disebut fibre, dalam menentukan batu permata asli atau tidak. Padahal di luar negeri banyak yang tidak suka batu permata retak-retak, sebab mengganggu kekuatan refraktif (pantulan cahaya dari dalam batu). Banyak batu permata yang sangat-'sangat transparen yang dianggap batu sintetis (bisa jadi: dengan metode HPHT --high pressure high temperature atau Cultured atau ada teknologi yang terbaru), sebab dianggap tidak berserat (berarti palsu). Padahal sebenarnya asli, nah banyak yang dilarikan keluar negeri dan berharga mahal sekali.

Beli batu Alami kecubung disini

Sayangnya, kita tidak punya laboratarium menguji kekerasan, unsur kimia, refraksi, berat jenis dalam menentukan batu asli atau tidak. Kemudian, mengenai istilah bubble (gelembung-gelembung udara terdapat dalam batu permata), untuk sementara dianggap penentu sintetis. Istilah sintetis bukan berarti tidak asli. Kalau Kang Egi punya simpanan majalah Jewellery, 11 Sept 2004, hal 95-96, di sana disebutkan diamond berwarna asli, dengan melalui HPHT, disebut sintetis. Artinya, batu itu asli tetapi diproses melalui HPHT. Harganya tidak jauh beda dengan natural, bahkan kejernihan di atas 95% lagi indah sekali. Istilah sintetis bukan berarti sebuah batu permata yang dianggap barang murah dan gampang diproduksi. Bahkan cultured diamond hanya di bawah 10 persen saja yang bisa dijadikan gemstone, selebihnya dijadikan gurinda. Sebab banyak yang retak, impuritasnya tidak sedikit.
Artinya, untuk membedakan asli dan sintetis tidak bisa diuji dengan loupe atau test kid, harus diuji melalui laboratarium -- yang jujur dan independen. Oleh karena itu, saya usul saja, kalau ada teman-teman pecinta gemstone punya batu permata baik dan transparen, kekerasannya dari 8 - 10 skala Mohs, ya disimpan saja ketimbang dijual murah. Saya amati, di Kalimantan Selatan, terutama di Martapura sebagai pusat perbatuan yang mensejerah, sudah langka batu-batu permata yang berkekerasan 8 - 10 skala Mohs. Demikian juga di Rawabening, Solo, Jogja sudah langka.
Sebagaimana Batik, ada mau diambil hak ciptanya, mungkin batu-batu permata juga dibeli dengan harga murah kemudian diangkut keluar negeri, kemudian dikembali ke Indonesia dengan harga 10.000 kali lipat lebih mahal.

Beli batu permata Langka unik dan antik disini

Batu permata asli = original gemstone dan batu permata imitasi = simulant gemstone. Contoh sederhana, diamond (baca: berlian) yang didapat dari lubang pendulangan di Kalimantan Selatan atau Barat, di Amazon,Afrika Selatan, Inggris atau Australia. Tapi bila batu asli dipanaskan atau dipressure secara sengaja atau tidak sengaja (baca: kebetulan terkakar di atas ribuan derajat), maka batu permata itu disebut diamond sintetis. Sedangkan batu permata tiruan diamond diciptakan seorang ahli kimia berkebangsaan Perancis, Dr. Henry Moissan. Diamond tiruan (baca: imitasi) dibuat dari batu meteor, kemudian dengan menggunakan metode high tempature, berhasillah diciptakan diamond tiruan yang disebut moissanite. Kekerasannya 9,25 Mohs scale mendekati kekerasan diamond asli. Memang, harganya berbeda diantaranya keduanya. Kalau diamond asli bisa saja di atas 20 juta per karat kalau the best, sedang moissanite hanya 10 juta.
Mungkin saja, imitasi di Indonesia dipersepsi misalnya, antara berlian asli dengan kaca yang dicutting seperti berlian. Kekerasan sangat jauh berbeda dan harganya pun tidak sebanding. Itu namanya, boleh saja, dikatakan palsu. Pasalnya, kalau pakai diamond, bisa seumur hidup, bahkan berabad-abad kilauannya tidak akan berubah. Sedangkan kaca, bila dipakai tiap hari selama 3 tahun lebih, maka kilauannya akan hilang, bahkan berubah warna seperti minyak. Emang ada American diamond yang bercahaya kuat dan bertahan cukup lama, tetapi mudah terkena goresan yang akan mempengaruhi keluarnya cahaya dari dalam batu permata.
Syarat batu asli ada beberapa punya serat dan , Batu kristal asli sebenarnya tidak mempunyai serat, kecuali dia berasal dari fosil binatang atau pepohonan dll. Bila, misalnya, kristal terbentuk oleh udara (corundum -- safir dan ruby), karbon (diamond) dan yang sejenis terjadi yang dalam bahasa Inggris disebut "fraction", yaitu keretakan. Keretakan ini sering terlihat seperti serat-serat. Keretakan itu ada yang bisa dilihat dengan mata telanjang, dengan pembesaran (loupe) 10 kali pembesaran, juga ada yang hanya bisa dilihat dengan pembesaran 40 kali pembesaran atau lebih. Batu asli yang mempunyai keretakan tertinggi adalah diamond (kata orang Banjar intan atau berlian). Bila ada berlian bersih lagi transparent tanpa ada keretakan sebab kita hanya melihat dengan loupe 10 kali pembesaran, tapi kalau kita dengan 40 kali pembesaran atau lebih akan terlihat banyak keretakan di dalamnya. Untuk mengkaji lebih mendalam ada dua buku yang membahas tentang kristal, yaitu Manual of Mineralogy oleh Cornelis Klein dan Cornelius S. Hurlbut, Jr, atau A Course of Mineralogy oleh V. Agol, atau buku-buku yang membahas kristal di perpustakaan-perpustakan.

Beli batu sintetis | Masakan | Proses  disini

Mengenai serat-serat pada batu permata, ini kebiasaan orang Banjar, Martapura, yang dalam bahasa Inggris disebut fibre, dalam menentukan batu permata asli atau tidak. Padahal di luar negeri banyak yang tidak suka batu permata retak-retak, sebab mengganggu kekuatan refraktif (pantulan cahaya dari dalam batu). Banyak batu permata yang sangat-'sangat transparen yang dianggap batu sintetis (bisa jadi: dengan metode HPHT --high pressure high temperature atau Cultured atau ada teknologi yang terbaru), sebab dianggap tidak berserat (berarti palsu). Padahal sebenarnya asli, nah banyak yang dilarikan keluar negeri dan berharga mahal sekali.

Beli batu permata biduri alam disini

Sayangnya, kita tidak punya laboratarium menguji kekerasan, unsur kimia, refraksi, berat jenis dalam menentukan batu asli atau tidak. Kemudian, mengenai istilah bubble (gelembung-gelembung udara terdapat dalam batu permata), untuk sementara dianggap penentu sintetis. Istilah sintetis bukan berarti tidak asli. Kalau Kang Egi punya simpanan majalah Jewellery, 11 Sept 2004, hal 95-96, di sana disebutkan diamond berwarna asli, dengan melalui HPHT, disebut sintetis. Artinya, batu itu asli tetapi diproses melalui HPHT. Harganya tidak jauh beda dengan natural, bahkan kejernihan di atas 95% lagi indah sekali. Istilah sintetis bukan berarti sebuah batu permata yang dianggap barang murah dan gampang diproduksi. Bahkan cultured diamond hanya di bawah 10 persen saja yang bisa dijadikan gemstone, selebihnya dijadikan gurinda. Sebab banyak yang retak, impuritasnya tidak sedikit.

Artinya, untuk membedakan asli dan sintetis tidak bisa diuji dengan loupe atau test kid, harus diuji melalui laboratarium -- yang jujur dan independen. Oleh karena itu, saya usul saja, kalau ada teman-teman pecinta gemstone punya batu permata baik dan transparen, kekerasannya dari 8 - 10 skala Mohs, ya disimpan saja ketimbang dijual murah. Saya amati, di Kalimantan Selatan, terutama di Martapura sebagai pusat perbatuan yang mensejerah, sudah langka batu-batu permata yang berkekerasan 8 - 10 skala Mohs. Demikian juga di Rawabening, Solo, Jogja sudah langka.

Sebagaimana Batik, ada mau diambil hak ciptanya, mungkin batu-batu permata juga dibeli dengan harga murah kemudian diangkut keluar negeri, kemudian dikembali ke Indonesia dengan harga 10.000 kali lipat lebih mahal.


Batu permata asli = original gemstone dan batu permata imitasi = simulant gemstone. Contoh sederhana, diamond (baca: berlian) yang didapat dari lubang pendulangan di Kalimantan Selatan atau Barat, di Amazon,Afrika Selatan, Inggris atau Australia. Tapi bila batu asli dipanaskan atau dipressure secara sengaja atau tidak sengaja (baca: kebetulan terkakar di atas ribuan derajat), maka batu permata itu disebut diamond sintetis. Sedangkan batu permata tiruan diamond diciptakan seorang ahli kimia berkebangsaan Perancis, Dr. Henry Moissan. Diamond tiruan (baca: imitasi) dibuat dari batu meteor, kemudian dengan menggunakan metode high tempature, berhasillah diciptakan diamond tiruan yang disebut moissanite. Kekerasannya 9,25 Mohs scale mendekati kekerasan diamond asli. Memang, harganya berbeda diantaranya keduanya. Kalau diamond asli bisa saja di atas 20 juta per karat kalau the best, sedang moissanite hanya 10 juta.

Mungkin saja, imitasi di Indonesia dipersepsi misalnya, antara berlian asli dengan kaca yang dicutting seperti berlian. Kekerasan sangat jauh berbeda dan harganya pun tidak sebanding. Itu namanya, boleh saja, dikatakan palsu. Pasalnya, kalau pakai diamond, bisa seumur hidup, bahkan berabad-abad kilauannya tidak akan berubah. Sedangkan kaca, bila dipakai tiap hari selama 3 tahun lebih, maka kilauannya akan hilang, bahkan berubah warna seperti minyak. Emang ada American diamond yang bercahaya kuat dan bertahan cukup lama, tetapi mudah terkena goresan yang akan mempengaruhi keluarnya cahaya dari dalam batu permata.