Cara Membersihkan dan Merawat Keris


Bagi orang Jawa, Keris merupakan salah satu pusaka yang dipercaya memiliki kekuatan. Ada beberapa ritual yang sering dilakukan untuk merawat Keris terutama Keris yang mempunyai sejarah dan dibuat dengan bahan baku yang berkualitas tinggi dan juga dibuat dengan proses yang lama pula. Dengan adanya kekuatan yang dipercaya didalam Keris, maka perawatan atau ruwatan yang perlu diberikan harus sesuai dengan syarat-syarat yang telah ditentukan. Sebelum anda memulai proses ruwatan, ada baiknya anda mencari tahu cara paling tepat dan juga mengetahui syarat-syarat untuk merawat Keris dengan benar. Tujuan dari perawatan ini adalah untuk menjaga kondisi Keris pusaka biar tetap awet bukan menyembah atau mendewakan Keris. Jadi pengetahuan tentang Keris dan tata cara merawatnya memang sangat penting guna mendapatkan hasil yang terbaik.
Di Keraton Yogyakarta dan Surakarta, Keris dirawat dengan cara yang hampir sama. Pertama, Keris-Keris pusaka dibersihkan sekali dalah satu tahun. Biasanya dilakukan pada bulan Besar, Maulud atau Sura. Sebenarnya bisa juga anda lakukan pada bulan-bulan lain tetapi tiga bulan tadi adalah bulan dimana biasanya Keraton memberiskan Keris. Pembersihan keris pusaka ini dilakukan secara menyeluruh pada bagian eksoteri dan isoteri. Pembersihan Keris ini bermaksud untuk menghilangkan karat yang mungkin menempel pada keris yang selama setahun. Karat akan merusak kualitas keris dan ini yang harus segera dibersihkan supaya tidak merusak keris tersebut dan keris tetap awet. Pembersihan bisa dimulai dengan mutih, mewangi dan lalu meminyaki. Tiga langkah tersebut perlu dilakukan untuk menghilangkan karat, jika Keris tidak berkarat maka cukup dibasuh dengan air bersih dan dikeringkan sebelum diminyaki. Minyak yang digunakan adalah minyak yang bebas dari alkohol. Ini dimaksudkan untuk menghilangkan buih sumber karat pada besi keris. 
Setelah pembersiha selesai, maka ada baiknya anda memperhatikan cara menyimpan keris dengan baik. Jika anda memiliki koleksi keris maka simpanlah keris tersebut ditempat yang aman dan sesuai untuk keris. Tempatnya sebaiknya tinggi karena bagaimanapun Keris adalah benda tajam yang bisa berbahaya bagi anak kecil.
Post Comment
Rekomendasi close button
Back to top

0 komentar

Bagaimana Pendapat Anda?