Mengenal Lebih Jauh Tentang Mandau


Sudahkan anda mendengar tentang mandau? Mungkin sebagian besar dari anda masih cukup asing dengan mandau atau malah mungkin ini adalah kali pertama anda mendengar kata tersebut. Tidaklah heran sebab mandau adalah sebuat benda yang jarang kita pergunakan dalam kehidupan sehari-hari, kecuali jika anda adalah penduduk asli Kalimantan. Mari kita mengenal lebih jauh tentang senjata asli suku Dayak tersebut. Ada banyak hal-hal menarik yang dapat kita pelajari dari senjata tradisional tersebut. Salah satunya adalah fakta jika senjata tradisional tersebut adalah salah satu budaya asli bangsa yang perlu kita lestarikan.

Mandau adalah senjata tradisional suku Dayak yang bermukim di Kalimantan. Senjata ini berbentuk semacam parang dan memiliki panjang kira-kira setengah meter. Sebagai sebuah senjata tradisional, ada banyak sekali kegunaan dari sebuah mandau. Senjata tradisional ini juga seringkali digunakan dalam upacara-upacara adat. Ada dua jenis mandau yang dapat kita temui. Yang pertama adalah yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Biasanya mandau-mandau ini digunakan untuk mencari kayu, berburu di hutan dan digunakan dalam melakukan kegiatan sehari-hari.  Jenis yang kedua adalan mandau yang hanya digunakan pada saat-saat tertentu seperti pada saat upacara-upacara adat.  Salah satu hal yang membedakan mandau dengan senjata tradisional yang lain adalah peyang. Peyang dan mandau bagaikan dua sisi mata uang yang tidak dapat dipisahkan. Peyang adalah kekuatan gaib atau ilmu yang dimiliki pemilik mandau yang membuat manda istimewa. Dalam hal kekuatan istimewa atau kekuatan gaib yang terkandung di dalamnya, kita dapat membandingkan mandau dengan senjata tradisional keris yang berasal dari tanah Jawa. 

Saat ini anda dapat memesan senjata tradisional ini secara lebih mudah lewat internet. Ada beberapa tempat yang menyediakan produk mandau asli dari Kalimantan. Harga senjata tradisional ini bervariasi mulai dari 50 ribu rupiah untuk senjata pajangan yang tidak memiliki kekuatan peyang, hingga jutaan rupiah untuk senjata dengan kualitas tinggi yang dilengkapi dengan kekuatan peyang yang tinggi.  Anda dapat memesan mandau yang sesuai dengan kebutuhan anda.
Post Comment
Rekomendasi close button
Back to top

0 komentar

Bagaimana Pendapat Anda?