ARTIKEL Sejarah Busur Panah



Indonesia adalah sebuah negara dengan kebudayaan yang sangat beragam dan sejarah yang sangat menarik. Karena Indonesia terdiri dari beberapa propinsi, maka setiap propinsi memiliki kebudayaan dan sejarah yang berbeda-beda juga. Berbicara mengenai sejarah, maka kita akan berbicara mengenai banyaknya kerajaan yang telah berdiri di Indonesia. Sebut saja Sriwijaya, Majapahit, Kutai, dan masih banyak lagi. Jika anda menyukai sejarah Indonesia dan juga menyukai film kolosal, maka anda tentu tahu tentang senjata yang digunakan orang-orang pada jaman dulu ketika berperang. Pada jaman dulu, orang-orang harus berperang untuk memperluas daerah kekuasan dan sebagainya. Maka dari itu, dibutuhkan senjata sehingga peperangan dapat berlangsung. Karena belum ada senjata api, pedang, tombak, dan panah adalah senjata yang digunakan sebagian besar orang kala itu. Pedang adalah sebuah besi yang ditempa sehingga berbentuk pipih dan tajam pada salah satu sisinya maupun kedua sisinya. Untuk bisa menguasai cara bermain pedang, diperlukan teknik khusus. Cara memegang pedang pun tidak boleh sembaranga. Semua ada aturan dan caranya. Biasanya, prajurit yang menggunakan pedang sebagai senjata adalah prajurit yang bertarung di garis depan. Ahli-ahli pedang ditempatkan pada posis paling depan untuk bisa menahan serangan musuh yang menyerang. Kelebihan dari pedang adalah bahwa pedang dapat melukai musuh dengan fatal hanya dengan satu tebasan. Kekurangan dari pedang adalah bahwa jangkauan pedang sangat pendek sehingga akan banyak korban berguguran karena tertebas pedang lawan. 

Selain pedang, tombak adalah salah satu senjata yang digunakan orang-orang pada masa itu. Menggunakan tombak cukup mudah karena tidak memerlukan keahlian khusus seperti halnya menggunakan pedang. Sayangnya, sulit untuk menggunakan tombak untuk kedua kali ketika tombak sudah menancap pada tubuh musuh. Untuk pertahanan dari jarak jauh, panah adalah senjata yang sangat mematikan dan efektif. Ketika sebuah benteng diserang, maka pemanah akan berjaga di atas benteng dan memanahi musuh yang mendekat pada benteng. Panah, adalah sebuah senjata yang terdiri dari busur panah dan anak panah. Memanah membutuhkan keahlian khusus karena dibutuhkan tangan yang stabil dan kuat juga pandangan mata yang fokus. Tidak hanya itu saja, seorang pemanah membutuhkan konsentrasi penuh untuk memanah dan mengenai target. Bagi anda yang tertarik dengan sejarah busur panah dan anak panah, saya mempunyai sedikit informasi yang akan saya bagi disini kepada anda semua.  

Busur panah pada mulanya dibuat dari bahan kayu. Kayu dipilih karena lentur namun kuat. Seperti yang kita ketahui, untuk dapat melepas anak panah dari busurnya, dibutuhkan gaya elastisitas dan kayu adalah material yang sangat tepat untuk ini. Selain kayu, material seperti tulang binatang juga sering digunakan sebagai bahan busur panah, terutama bagi bangsa Asia Kuno. Busur panah atau disebut juga sebagai limb yang lalu dikedua ujungnya dipasang tali. Ketika anak panah diletakkan ditali tersebut dan lalu ditarik, maka limb akan melengkung dan mengubah gaya gerak menjadi gaya potensial. Dari gaya tersebutlah nantinya anak panah akan melesat. Saat ini, memanah adalah salah satu olahraga yang membutuhkan banyak uang untuk dapat menekuninya. Selain itu, dibutuhkan konsentrasi yang sangat tinggi sehingga tidak banyak orang yang dapat  menjadi ahli memanah dengan mudah. Jika anda tertarik untuk mempelajari olahraga memanah, anda bisa mencari informasi lebih lanjut di internet atau di tempat memanah terdekat.


 Klik Disini Jual Busur Panah Tradisional
Post Comment
Rekomendasi close button
Back to top

0 komentar

Bagaimana Pendapat Anda?