Simbol-Simbol Benda Pusaka Regalia Keraton Yogyakarta



Keraton Yogyakarta memiliki banyak sekali Benda Pusaka yang sampai kini masih terawat dengan baik di dalam tempat penyimpanan pusaka. Terwatnya pusaka-pusaka di Keraton Yogyakarta membuat kondisi pusaka-pusaka tersebut dalam keadaan yang masih bagus. Ada banyak macam benda pusaka yang bisa anda temui dan ini penting bagi anda untuk mengetahui apa saja pusaka yang ada dikeraton. Ini akan menjadi awal yang baik bagi anda untuk belajar tentang pusaka di Keraton Yogyakarta. Salah satu pusaka penting di Keraton Yogyakarta adalah pusaka Regalia. Pusaka ini sangat penting bagi Sultan karena pusaka ini menyimbolkan karakter Sultan di Keraton Yogyakarta dalam memimpin Negara berikut juga para rakyatnya. Ada banyak sekali benda pusaka dari pusaka Regalia ini dan kita akan membahasnya di paragraph selanjutnya.

Ada banyak sekali macam pusaka yang bisa anda pelajari tentang Benda Pusaka Regalia. Yang pertama adalah Banyak. Pusaka ini berwujud angsa yang dipercaya menyimbolkan kejujuran, kelurusan, serta kesiap siagaan dan juga ketajaman Sultan dalam memimpin. Yang berikutnya adalah Dhalang. Dhalang membawa symbol kecerdasan dan ketangkasan yang berwujud kijang. Kutuk juga adalah salah pusaka yang menyimbolkan kemurahan hati dan juga kedermawanan. Wujud Kutuk adalah kotak uang dan ini melengkapi simbol Kutuk. Pusaka lain yang berwujud ayam jantan adalah Sawung. Sawung dipercaya menyimbolkan kejantanan dan juga rasa tanggung jawab. Selain Sawung, ada juga Kacu Mas yang berwujud sapu tangan emas yang sejatinya menyimbolkan kesucian dan juga kemurnian. Kandhil juga merupakan salah satu pusaka yang menyimbolkan penerangan dan pencerahan dengan wujud lentera minyak. Galing dengan wujud merak jantan juga merupakan benda pusaka yang menyimbklan kemuliaan, keindahan dan keagungan.

Benda pusaka tersebut dipercaya sebagai pusaka yang menyimbolkan seorang Raja di keraton dan dengan adanya benda pusaka tersebut maka ada baiknya kita mengetahui informasi tentang pusaka-pusaka tersebut. Ini akan membuat anda mendapatkan kemudahan dalam mempelajari benda-benda pusaka yang ada di Keraton. Benda Pusaka merupakan peninggalan sejarah yang perlu kita lestarikan.
Post Comment
Rekomendasi close button
Back to top

0 komentar

Bagaimana Pendapat Anda?