ARTIKEL Perdebatan Penggunaan Tasbih Dalam Sholat


Kata kunci:
tasbih


            Dalam Islam, setiap pnganut agama islam disunnahkan untuk membaca hamdallah, istighfar, dan subhanallah sebanyak 33 kali. Terkadang,menghitung selagi berdzikir akan sangat mengganggu karena kadang mereka cenderung lupa akan hitungan mereka sendiri. Untuk itulah disarankan untuk menggunakan tasbih. Sebenarnya,penggunaan tasbihitu sendiri masih menjadi perdebatan dikalangan ulama. Banyak yang menganggap penggunaan tasbih merupaka penyelewengan dalamislam, karena diketahui bahwa tasbih digunakan pertama kalioleh umat budha untuk bersembahyang. Dan oleh karena itu, tasbih dilarang penggunaannya oleh umat islam. Namun beberapa menganggap bahwa penggunaan tasbih dalam sholat adalah sah-sah saja. Tidak ada dalil yang jelas dalam Al Quran yang jelas-jelas melarang penggunaan tasbih ketika berdzikir. 
            Beberapa mengungkapkan bahwa Rasulullah SAW sendiri tidak serta merta melarang penggunaan tasbih hanya karena tasbih dianggap menyeleweng dari ajaran agama Islam. Hal ini diperkuat oleh kenyataan bahwa Rasulullah SAW juga tidak melarang para sahabat yang menggunakan kerikil untuk menghitung jumlah dzikir mereka. Hal ini menyiratkan jelas bahwa tidak ada larangan yang pastim bahkan dari Rasulullah SAW sendiri tentang penggunaan tasbih, apalagi ternyata tasbih banyak memberikan manfaat kepada umat Islam untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT dan tentu saja Rasulullah SAW. Oleh karena itu, pelarangan dan perdebatan penggunaan tasbih tidak seharusnya terjadi dikalangan Islam, terutama ketika Rasulullah bahkan tidak melarang penggunaan kerikil untuk mempermudah para sahabat menghitung jumlah dzikir yang mereka kumandangkan.
            Oleh karena itu, saat ini banyak sekali pengrajin tasbih yang menawarkan berbagai macam dan jenis tasbih kepada umat Islam, hal ini dikarenakan hanya semata-mata untuk membantu mereka agar lebih bisa mendekatkan diri mereka lebih lagi kepada Tuhan dan rasulnya. Banyak sekali macam-macam tasbih yang ditawarkan oleh para pengrajin saat ini, mulai dari tasbih yang berbahan dasar kayu sampai yang berbahan dasar batu mulia seperti batu giok dan permata. Hal ini dilkukan semata-mata hanya karena untuk mengagungkan Tuhan dan RasulNya setinggi-tingginya. Oleh karena itu, tasbih juga dianggap penghubung antara umat dan Rasul dan Tuhan.

Silahkan dimiliki tasbih berkualitas klik disini untuk melihat koleksinya
Post Comment
Rekomendasi close button
Back to top

0 komentar

Bagaimana Pendapat Anda?