ARTIKEL Dunia Mistis : Genderuwo


Mahluk Jahil Penggoda Kaum Perempuan

Nama genderuwa tampaknya sudah tidak asing lagi bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Genderuwa, atau oleh masyarakat suku Jawa lebih dikenal dengan sebutan genderuwo atau gendruwo, adalah mitos dari daratan Jawa sehubungan dengan mahluk halus dari bangsa jin yang berwujud sesosok manusia yang menyerupai hewan kera. Orang Sunda sendiri menyebutnya gandaruwo, merujuk pada sosok mahluk yang bertubuh besar dan kekar dengan warna kulit hitam kemerahan, serta nyaris dipenuhi rambut atau bulu yang lebat disekujur tubuhnya. Konon, istilah genderuwa sebenarnya berasal dari bahasa Kawi, yakni gandharwa, yang berakar dari bahasa Sansekerta : gandharva. Nama tersebut sudah terkenal sejak masa jayanya kerajaan Hindu Buddha di nusantara. Sesuai kepercayaan Hindu dan Buddha, gandharva digambarkan sebagai makhluk yang berwujud manusia, berjenis kelamin pria dan tinggal di dunia kahyangan. Di sisi lain, mitos genderuwa sendiri diduga berasal dari kepercayaan kuno bangsa Persia yang dikenal dengan sebutan gandarewa. Dalam mitos Persia, gandarewa merupakan sosok siluman air dari negeri Persia yang terus - menerus berusaha untuk menghabisi segala macam hal - hal baik yang sudah tercipta dalam mitos penciptaan Persia, namun akhirnya berhasil dikalahkan oleh sosok pahlawan bernama Keresaspa.

Konon habitat mahluk ini adalah tempat - tempat yang berbatu dan berair, bangunan tua, pohon - pohon besar yang lebat dan teduh, atau bisa pula ditemukan di sudut - sudut yang kondisinya lembab sepi dan gelap. Menurut mitos, pusat kehidupan makhluk ini dipercaya banyak terdapat di daerah yang berhutan lebat seperti Hutan Jati Cagar Alam Danalaya, di kecamatan Slogohimo, yakni sekitar 60 km di sebelah timur Wonogiri. Selain itu juga bisa ditemui di wilayah Lemah Putih, Purwosari, Girimulyo di Kulon Progo, sekitar 60 km ke sebelah barat D.I. Yogyakarta. Genderuwo dipercaya dapat berkomunikasi dengan bangsa manusia, bahkan melakukan kontak langsung. Beberapa cerita legenda banyak yang menyebutkan bahwa genderuwo mampu mengubah tampilan fisiknya mengikuti wujud seorang manusia untuk menggoda manusia lainnya. Genderuwo juga dipercaya sebagai makhluk yang terkenal jahil dan cabul, terutama terhadap kaum perempuan dan anak - anak kecil.

Kabarnya genderuwo memang berwatak cabul dan suka menjahili kaum wanita. Terkadang ia senang menepuk bokong seorang perempuan, mengelus tubuhnya, ketika sedang tidur, bahkan hingga memindahkan pakaian dalam perempuan ke tempat lain. Kegemaran genderuwo yang paling terkenal adalah berusaha menggoda istri - istri yang merasa kesepian akibat ditinggal suaminya, atau para janda yang merindukan belaian kehangatan seorang pria. Yang lebih parahnya lagi, genderuwo pandai merayu bahkan hingga menjerumuskan para wanita tersebut untuk melakukan hubungan seksual dengannya. Tak heran banyak kejadian dimana seorang wanita tiba - tiba hamil tanpa pernah melakukan kontak fisik dengan bangsa sejenisnya ( dalam hal ini pria dari bangsa manusia ).
Post Comment
Rekomendasi close button
Back to top

1 komentar :

avatar

ty informasinx mantab gan

mampir di http://pahlawan-pintar.blogspot.com/

Bagaimana Pendapat Anda?