Sekilas artikel mengenai busur panah


Anda pernah mendengar tentang legenda Robin Hood? Tokoh yang di ceritakan berasal dari abad pertengahan ini merupakan sosok ksatria yang memiliki keahlian dalam menggunakan senjata busur panah. Hingga saat ini dunia pemanah masih mengenang dongeng tersebut. Istilah "Robin Hood" dalam olahraga panahan sering digunakan apabila sebuah anak panah berhasil membelah anak panah lain yang sudah di tancapkan di target dengan cara memanah ujung anak panah dengan anak panah yang lain.


Sejarah mencatat, panahan telah digunakan sejak 5.000 tahun yang lalu di mana pada awalnya digunakan untuk berburu hewan liar, dan kemudian berkembang menjadi senjata dalam sebuah pertempuran selanjutnya hingga saat ini diterapkan dalam suatu cabang olahraga. Panahan mengutamakan unsur ketenangan, keterampilan, dan ketepatan dalam membidik. Butuh konsentrasi yang tinggi untuk mampu menempatkan anak panah pada sasarannya. Seseorang yang gemar atau ahli dalam memanah sering disebut sebagai pemanah ( Archery ). Busur ( Bow ) dan anak panah ( Arrow ) adalah senjata yang terkenal paling efektif dalam sejarah manusia.


Fakta membuktikan, senjata itu telah ada sejak 12 ribu tahun yang lalu. Busur dan anak panah seringkali di pakai dalam berbagai peperangan, dan membantu mengembangkan banyak imperium / kerajaan besar dalam mempereluas wilayah kekuasaannya. Salah satunya adalah Bangsa Mesir Kuno yang banyak menggunakan pasukan pemanah, dan merupakan komponen penting dalam invasi nomad besar di daratan Eropa, termasuk Hun, Avar, Magyar, serta Mongol. Sedangkan busur Longbow Inggris merupakan senjata yang paling terkenal paling menakutkan, dan terbukti selalu menjadi penentu dalam banyak pertempuran yang terjadi pada masanya. Hingga kini, Busur dan panah menduduki ranking 1 di antara senjata - senjata yang dianggap sebagai pengubah sejarah, karena telah terbukti seringkali dipakai dalam banyak sekali peperangan dan penaklukan bangsa – bangsa penguasa di dunia selama berabad - abad silam.


Di masa kini, Busur dan panah di gunakan dalam lomba yang khusus di adakan pada turnamen atau kejuaraan resmi seperti kejuaraan Nasional setingkat PON, hingga turnamen Internasional seperti Olimpiade. Meskipun sebagai senjata tradisional, namun panah memiliki histori dan keunikan tersendiri. Bahkan di beberapa daerah di Indonesia, seperti di wilayah Papua, Mataram, dan Kalimantan, masyarakatnya masih menggunakan senjata ini. Kebanyakan mereka yang berasal dari suku pedalaman. Biasanya masyarakat di sana menggunakan panah dan tombak sebagai senjata tradisional saat perang suku. Adapula yang menggunakan dalam kehidupan sehari – hari seperti menangkap ikan dan berburu hewan liar di hutan.


Salah satunya adalah Busur Dan Anak Panah Khas Kalimantan. Busur panah ini dibuat secara khusus untuk berburu dihutan dan memberantas hewan liar yang dianggap menyusahkan seperti halnya babi hutan, anjing hutan. Busur panah ini tidak menimbulkan suara yang signifikan apabila anak panah yang di lepaskan meleset dari sasaran, dibandingkan dengan menggunakan senapan yang dapat membuat si target kabur. Panah ini merupakan buatan asli suku pedalaman Kalimantan, dan menggunakan bahan dari bambu berkualitas sehingga kelenturan busur dan kekuatan anak panah mampu terjamin keasliannya. Ukuran simpel namun jangkauan mencapai -+ 25 meter



Post Comment
Rekomendasi close button
Back to top

0 komentar

Bagaimana Pendapat Anda?