Cupu Kuningan 4 CM Rp 200.000,-

Cupu Kuningan 4 CM
Price: Rp 200.000,-



Cupu 4cm




Cupu 4cm



Secara garis besar, cupu adalah sebuah wadah kecil yang terbuat dari bahan logam tertentu sesuai dengan yang diinginkan. Cupu merupakan media benda yang kuat dan anti pecah, biasanya digunakan dalam menempatkan ataupun menyimpan benda bertuah serta minyak wangi arab. Selain itu, masyarakat pada umumnya sering memanfaatkan cupu sebagai tempat untuk menyimpan kemenyan atau mustika. Mereka menyimpan mustika berkhodam seperti halnya mustika merah delima, buntat air, mustika ular, mustika lipan, geliga embun, mustika kelapa dan berbagai mustika lainnya. Bisa pula dijadikan tempat / wadah untuk menyimpan batu permata berkhodam. Di daerah Minangkabau, cupu dibuat dengan menggunakan bahan perak dan berfungsi untuk menaruh serta menyimpan bahan - bahan pelengkap makan sirih seperti tembakau dan sadah ( kapur sirih ).


Cupu adalah suatu wadah berbentuk bundar, dengan ukurang yang kecil atau mini, dan biasanya terbuat dari kayu ataupun logam. Dalam kisah Ramayana, ada sebuah cupu yang sangat terkenal yakni Cupu Manik Astagina. Cupu tersebut merupakan benda sakti milik Dewa Surya yang diserahkan sebagai kenang - kenangan untuk mantan kekasihnya, Dewi Indradi ( dalam beberapa buku ditulis Dewi Windradi ). Dewi Indradi sendiri akhirnya menjadi istri dari Sahdan Resi Gotama, seorang petapa sakti yang ikut meredakan kekacauan yang terjadi di dunia khayangan ( tempat para dewa bersemayam ), karena adanya pemberontakan. Konon, apabila tutup cupu tersebut dibuka, maka dari maniknya akan memperlihatkan gambaran seluruh dunia dan isinya. Cupu manik itu menjadi benda yang diperebutkan oleh anak - anak mereka, Anjani, Subali dan Sugriwa. Akhirnya akibat sifat ketamakan dan keserakahan, ketiga anaknya harus dihukum oleh para dewa dengan dijadikannya mereka sosok mahluk berbulu dan berekor yang menyerupai seekor kera. Kisah riwayat dari Ramayana ini di tulis oleh Walmilki pada ribuan tahun yang lalu. Diperkirakan kisah ini sudah melegenda sejak sekitar 400 tahun Sebelum Masehi.


Anda bisa memasukan / menyimpan berbagai macam benda - benda bertuah seperti mustika berkhodam, buntat kecil, minyak wangi khusus, kemenyan kristal, atau bahkan keris mini yang bisa dimuat didalam cupu. Cupu biasanya berwujud mini ( sangat kecil ), dan berbahan material kuat dan memiliki tampilan yang unik. Namun ada pula cupu yang berukuran sedang dan besar. Untuk ukuran sedang, Cupu Kuningan Ukuran Sedang adalah salah satu contohnya. Cupu ini adalah wadah yang layak untuk menjadi bahan pertimbangan melengkapi koleksi di rumah anda. Cupu ini terbuat dari bahan material kuningan dan berukuran sedang. Antara tutup dan wadahnya sendiri dikaitkan dengan seutas rantai, yang memberikan kesan bahwa benda yang disimpan didalam cupu tersebut adalah bersifat rahasia dan terjaga. Kesan indah dan berkilau juga akan anda dapatkan dari tampilan benda yang menjadi produk unggulan kami ini.
Post Comment
Rekomendasi close button
Back to top

0 komentar

Bagaimana Pendapat Anda?