Kayu Gaharu Kumbil Kalimantan Ro. 25.000,-


Kayu Gaharu Kumbil Kalimantan

 
Gaharu Kumbil
  


Gaharu adalah bagian dari keluarga tumbuhan bernama Aquilaria. Gaharu merupakan salah satu komoditas hasil hutan bukan kayu yang komersial dan bernilai jual sangat tinggi di pasaran. Gaharu merupakan hasil dari alam kawasan hutan yang dapat berupa cacahan, bubuk maupun berbentuk gumpalan. Nilai jual sebuah gaharu akan sangat ditentukan oleh tingkat keharuman yang dapat diketahui lewat aroma serta warna kayu ketika dibakar, dimana masyarakat mengenal beberapa kelas dan kualitas dengan nama gubal, kemedangan serta bubuk. Selain berbentuk bahan mentah yang masih berupa serpihan kayu, gaharu juga dikenal juga lewat minyak atsiri gaharu yang bernilai jual sangat tinggi, dimana minyak ini diperoleh dari gaharu yang telah melalui proses penyulingan.

Kata gaharu berasal dari bahasa Melayu yang berarti harum, ada juga yang mengatakan berasal dari Bahasa Sansekerta, yaitu aguru yang berarti kayu berat ( tenggelam ), sebagai produk damar, atau resin dengan aroma atau keharuman yang khas. Gaharu sering digunakan untuk mengharumkan tubuh dengan cara pembakaran ( fumigasi ) dan pada upacara ritual keagamaan. Di nilai dari kualitasnya, gaharu sendiri sudah tidak perlu diragukan lagi kapasitasnya sebagai salah satu hasil alam yang banyak sekali manfaatnya. Gaharu merupakan substansi aromatik (aromatic resin ) berupa gumpalan atau padatan berwarna coklat muda sampai coklat kehitaman yang terbentuk pada lapisan dalam dari kayu tertentu yang sudah dikenal sejak abad ke-7 di wilayah Assam negara India yang berasal dari jenis Aqularia agaloccha rotb, digunakan sangat terbatas sebagai bahan pengharum melalui cara fumigasi ( pembakaran ).

Selain menjual berbagai kerajinan seni dari bahan gaharu, kami juga menyediakan Kayu Gaharu dalam bentuk mentah, yakni masih berupa kayu dan siap anda olah. Ciri dari kayu gaharu yang asli adalah jika dibakar akan mengeluarkan getah yang menyebarkan aroma wewangian yang harum. Gaharu terkenal karena memiliki aroma yang khas serta dapat digunakan untuk berbagai keperluan dalam kehidupan sehari – hari seperti parfum, pewangi ruangan, hio ( pelengkap sembahyang pemeluk agama Buddha & Kong Hu Cu ), obat, dan sebagainya. Dalam perkembangan teknologi kedokteran membuktikan secara klinis bahwa gaharu dapat dimanfaatkan sebagai obat herbal seperti anti asmatik, anti mikroba, stimulant kerja syaraf dan pencernaan. Di negara Cina, gaharu dipergunakan sebagai obat sakit perut, perangsang nafsu, penghilang rasa sakit, menyembuhkan kanker, mengobati diare, tersedak, ginjal, paru - paru, dll. Di negara Eropa, gaharu digunakan sebagai obat kanker, sedangkan di negara India, gaharu digunakan sebagai obat tumor usus. Selain itu di beberapa negara seperti Singapura, Cina, Korea, Jepang, USA sudah mengenalkan gaharu sebagai obat - obatan untuk penghilang stres, gangguan ginjal, sakit perut, asma, hepatitis, sirosis, pembengkakan liver dan limfa.
Post Comment
Rekomendasi close button
Back to top

1 komentar :

Bagaimana Pendapat Anda?