Mandau Dayak Besar Ukiran Naga Rp 300.000,-

Mandau Dayak Besar Ukiran Naga
Harga : Rp 300.000,-
Mandau Ukiran Naga

Mandau Ukiran Naga

Dayak merupakan nama kelompok atau suku yang paling terkenal ( atau bahkan tertua ) dari sekian banyak suku asli yang menetap di Kalimantan, yang sebagian besar masyarakatnya menghuni wilayah / daerah pedalaman. Daerah hilir atau daerah pantai adalah tempat yang banyak dihuni oleh orang - orang yang berasal dari suku Melayu, Banjar, Bugis, Jawa, Madura, dan lain - lain. Suku Dayak, sebagaimana suku - suku lainnya, juga memiliki kebudayaan dan adat istiadat yang berlaku bagi masyarakat mereka. Kebudayaan Dayak dikenal memiliki keunikan tersendiri dibanding dengan yang lain. Salah satu seni kebudayaan yang terkenal dari suku Dayak adalah dari jenis senjata yang mereka gunakan. Mandau adalah senjata tradisional yang paling terkenal dari masyarakat Dayak, yang merupakan pusaka turun temurun sejak jaman bahari. Mandau sendiri merupakan senjata sejenis tombak yang terbuat dari batu pegunungan, dan dikombinasikan dengan besi tajam sebagai pucuknya. Selain itu, senjata ini memiliki ukiran yang khas, dan di anggap sebagai senjata pusaka yang memiliki tuah dan dianggap keramat oleh sebagian besar dari masyarakat mereka.

Berbeda dengan arang, senjata mandau memiliki ukiran - ukiran yang unik pada bagian bilahnya yang bersifat tumpul ( tidak tajam ). Sering juga dijumpai tambahan lubang - lubang pada bagian bilahnya yang ditutup / dilapisi dengan material dari kuningan atau tembaga, untuk memberi kesan yang indah pada bilah mandau itu sendiri. Bagi anda yang berminat atau bahkan gemar mengkoleksi senjata - senjata tradisional sebagai barang pajangan di rumah, maka Mandau Baru Besar Besi Per adalah salah satu barang koleksi yang anda cari. Dengan menggunakan bahan material yang terbuat dari besi berkualitas, yang biasanya digunakan sebagai bahan pembuatan per, terutama per mobil, serta di lapisi dengan ukiran dari kuningan pada bagian bilahnya, membuat mandau ini sungguh - sungguh terkesan ekslusif dan bernilai tinggi. Cocok sebagai hiasan gantung di dinding rumah, bahkan kamar pribadi anda. Mandau ini merupakan produk kerajinan baru, dalam artian belum pernah di pakai sama sekali penggunaannya, dan masih terbungkus rapi di dalam plastik.

Kumpangnya sendiri terbuat dari kayu, serta seperti lazimnya sebuah mandau, produk ini juga dihiasi dengan ukiran yang unik dan indah. Kumpang adalah nama lain dari sarung bilah mandau. Pada kumpang mandau diberi ikatan yang bahannya terbuat dari anyaman rotan. Selain itu pada kumpang terikat pula semacam kantong yang terbuat dari kulit kayu berisi pisau penyerut dan kayu gading yang diyakini dapat menolak binatang buas. Mandau yang sudah disarungkan ke dalam kumpang biasanya akan diikatkan di bagian pinggang dengan menggunakan jalinan dari beberapa lembar rotan.



Post Comment
Rekomendasi close button
Back to top

1 komentar :

Bagaimana Pendapat Anda?