Pusaka Gading Bumi Taji Tua Kalimantan Rp 2.000.000,-

Pusaka Gading Bumi Taji Tua Kalimantan
Price: Rp 2.000.000,-


Dayak merupakan nama kelompok atau suku yang paling terkenal ( atau bahkan tertua ) dari sekian banyak suku asli yang menetap di Kalimantan, yang sebagian besar masyarakatnya menghuni wilayah / daerah pedalaman. Daerah hilir atau daerah pantai adalah tempat yang banyak dihuni oleh orang - orang yang berasal dari suku Melayu, Banjar, Bugis, Jawa, Madura, dan lain - lain. Suku Dayak, sebagaimana suku - suku lainnya, juga memiliki kebudayaan dan adat istiadat yang berlaku bagi masyarakat mereka. Kebudayaan Dayak dikenal memiliki keunikan tersendiri dibanding dengan yang lain. Salah satu seni kebudayaan yang terkenal dari suku Dayak adalah dari jenis senjata yang mereka gunakan. Mandau adalah senjata tradisional yang paling terkenal dari masyarakat Dayak, yang merupakan pusaka turun temurun sejak jaman bahari. Mandau sendiri merupakan senjata sejenis tombak yang terbuat dari batu pegunungan, dan dikombinasikan dengan besi tajam sebagai pucuknya. Selain itu, senjata ini memiliki ukiran yang khas, dan di anggap sebagai senjata pusaka yang memiliki tuah dan dianggap keramat oleh sebagian besar dari masyarakat mereka.

Selain mandau, masih banyak lagi senjata pusaka yang terkenal dari suku Kalimantan tersebut. Salah satunya adalah Pusaka Taji. Konon, pusaka ini sudah di buat sejak masa penjajahan Belanda yang menguasai tanah Kalimantan beberapa ratus tahun yang lalu. Pusaka ini merupakan senjata tradisional yang di gunakan oleh masyarakat Kalimantan, bahkan konon dipakai oleh banyak suku, dalam memerangi para penjajah. Selain itu, disebut pusaka karena dianggap keramat dan memiliki tuah kesaktian yang tinggi. Bahkan kabarnya setiap pusaka taji memiliki penghuni ( khodam ) yang mengisi benda tersebut. Tak heran bila pusaka taji menjadi barang incaran para kolektor di masa kini.

Secara harfiah, taji berarti taring atau tajam. Namun ada pula yang mengartikan sebagai simbol kekuatan, ketangguhan, keberanian maupun kesaktian. Pusaka Taji Tua ( Gading Bumi ) Kalimantan, adalah sebuah pusaka tua yang sakti, dan menjadi salah satu benda langka koleksi pribadi kami. Sejarah dalam mendapatkannya sendiri adalah lewat penukaran barang dengan seseorang yang ketika itu datang ketempat kami. Menurut yang bersangkutan, benda sakti ini memiliki fungsi sebagai pusaka untuk kejayaan dan untuk urusan lainnya. Taji ini terlihat berumur cukup tua, terlihat dari bilahnya yang telah mengalami pengeroposan, serta bentuknya yang seperti gada atau paku, yang merupakan senjata yang sering digunakan masyarakat Kalimantan jaman dahulu sebagai pengganti pisau / belati. Cocok untuk koleksi sejarah dirumah, atau untuk keperluan lainnya. Bagi yang memiliki mata batin dan berminat, silahkan anda menerawang sendiri pusaka ini. Konon, pusaka tersebut memiliki energi mistis yang kuat, terdapat khodam yang sudah tua ( bahkan sudah berjanggut ), dan berfungsi sebagai pagar / perisai badan, penjaga rumah, maupun tempat usaha anda.
Post Comment
Rekomendasi close button
Back to top

0 komentar

Bagaimana Pendapat Anda?