TERJUAL Pusaka Taji Tua Antasari Dalam Wadah Polpen


Pusaka Taji Tua Antasari Dalam Wadah Polpen
TERJUAL



Suku asli Kalimantan yang sebagian besar kelompoknya / masyarakatnya tinggal dan berdiam di daerah pedalaman, memiliki tradisi kuat dan kental akan kekuatan mistis. Selain mandau sebagai senjata tradisional khas dari suku Dayak, senjata pusaka yang terkenal dari suku Kalimantan lainnya adalah Pusaka Taji. Konon, pusaka ini sudah di buat sejak masa penjajahan Belanda yang menguasai tanah Kalimantan beberapa ratus tahun yang lalu. Pusaka ini merupakan senjata tradisional yang di gunakan oleh masyarakat Kalimantan, bahkan konon dipakai oleh banyak suku, dalam memerangi para penjajah. Selain itu, disebut pusaka karena dianggap keramat dan memiliki tuah kesaktian yang tinggi. Bahkan kabarnya setiap pusaka taji memiliki penghuni ( khodam ) yang mengisi benda tersebut. Tak heran bila pusaka taji menjadi barang incaran bagi para kolektor, terutama penggemar benda - benda keramat, di masa kini.

Secara harfiah, taji berarti taring atau tajam. Namun ada pula yang mengartikan sebagai simbol kekuatan, ketangguhan, keberanian maupun kesaktian. Kebanyakan taji berbentuk seperti pasak atau gada atau paku, namun penggunaannya lebih mengarah sebagai pengganti pisau / belati ( ada pula yang menganggapnya seperti keris dengan versi yang berbeda ). Pusaka Taji Tua Di Dalam Polpen adalah salah satu jenis pusaka tua yang diperkirakan sudah ada sejak masa penjajahan VOC Belanda pada akhir abad ke-18 sampai dengan awal abad ke-19. Perkiraan tersebut dapat dilihat dari wadah pusaka yang berbentuk polpen ( pulpen / ballpoint ) yang dipakai pada jaman dahulu kala. Tampilan fisiknya yang terbuat dari besi, tampak sudah berusia sangat tua. Cocok sebagai barang yang menjadi prioritas utama anda dalam melengkapi koleksi bernilai sejarah / seni tradisional masa lalu dirumah anda. Sebuah pusaka langka yang bernilai seni, sangat pantas berada di antara jajaran benda antik dalam museum koleksi milik Anda.


Pusaka tua ini selain unik dengan wadah gagangnya yang menyerupai pulpen, namun juga mempunyai beberapa kelebihan lain. Menurut rakyat setempat, pusaka ini juga memiliki khasiat atau kegunaan lain seperti, sebagai perisai diri dari orang - orang yang mempunyai niat jahat kepada kita, pengasih, pembawa kewibawaan, penglaris, penenang rumah, memperlancar dalam memperoleh jodoh, di segani orang lain, dan lain sebagainya ( bagi yang mempercayainya ). Pada jaman sekarang, fungsi dari pusaka tua tersebut telah beralih fungsi lebih sebagai media untuk tujuan keselamatan dan untuk mahabbah atau pengasihan yang bisa dipakai oleh siapa saja bagi yang mempercayainya. Namun tidak sedikit pula yang menginginkan pusaka unik dan bersejarah ini hanya sebagai benda koleksi bersejarah untuk melengkapi barang / senjata pusaka lainnya. Untuk keterangan lebih lanjut tentang muatan unsur ghaibnya, silahkan tanyakan langsung pada ahlinya.

Post Comment
Rekomendasi close button
Back to top

0 komentar

Bagaimana Pendapat Anda?