Tasbih Cendana Kalimantan Alami Original 33 Price: Rp 100.000,-

Tasbih Cendana Kalimantan Alami Original 33
Price: Rp 100.000,-





Nama Tasbih : Tasbih Cendana 33 Butir

Asal : Kalimantan

Ukuran : -+ 1 Cm

Bentuk : bulat

Warna : coklat

Wangi : Khas Cendana


Santalum album adalah pohon tropis kecil yang berasal dari keluarga Santalaceae, yang dikenal paling dekat dengan sumber kayu cendana. Jenis tanaman ini telah dibudidayakan dan digunakan sejak bertahun - tahun yang lalu, dimana beberapa budaya menempatkan keutamaan pada wewangian dan kualitas jamu. Mungkin satu - satunya pohon parasit yang bernilai sangat mahal adalah Cendana. Kayu Cendana tidak dijual dalam meter persegi seperti halnya kayu pada umumnya, namun dihitung dengan satuan kilogram. Pohon cendana sangat cocok ditanam pada daerah yang berudara / berhawa dingin dan kering serta memiliki intensitas cahaya matahari yang cukup. Musim kemarau yang panjang sangat baik pengaruhnya dalam pembentukan minyak dan aroma cendana. Namun anakan cendana sangat peka terhadap wilayah yang terlalu kering dan terkena sinar matahari langsung, sehingga mudah layu. Pada dataran tanah yang mengandung humus tinggi, pertumbuhan candana lebih baik dibandingkan pada tanah yang gersang dan tererosi atau ditempat yang banyak ditumbuhi rerumputan.


Pohon cendana sangat baik bila ditanam di lahan kritis seperti daerah - daerah yang memiliki kandungan batu kapur ( karst ). Dengan pengetahuan ini mestinya tidak perlu lagi ada masyarakat miskin yang tinggal di daerah sekitaran Gunung Kidul, Pacitan, Wonogiri, Kulonprogo bagian utara, dan daerah karst lain yang banyak terdapat di Indonesia. Menanam Cendana memang tidak semudah membudidayakan anggrek, akan tetapi tidak sesulit membudidayakan benalu teh ( Scurulla atropurpurea ). Untuk alasan inilah maka cendana telah banyak dieksploitasi, hingga ke titik dimana para penduduk sering menebang liar dan akhirnya cendana rentan terhadap kepunahan. Cendana merupakan tanaman langka yang cukup sulit untuk dikembang biakkan. Hal ini dikarenakan pada masa awal pertumbuhannya, cendana membutuhkan pohon inang untuk pertumbuhannya, karena cendana merupakan golongan tumbuhan parasit. Kelangkaan inilah yang menyebabkan kelangkaan sehingga meningkatkan nilai kayu cendana di dunia.


Cendana dari dahulu kala digunakan untuk tasbih, aromaterapi, dupa, rempah - rempah dan campuran parfum. Cendana sering juga dibuat sebagai bahan dasar untuk pembuatan warangka ( sarung ) dan gagang ( pedhok ) keris. Kayu cendana yang berkualitas bagus akan tetap mengeluarkan aroma harum meskipun telah lama disimpan. Kayu cendana wangi ( Santalum spicatum ) merupakan kayu yang berharga mahal karena mempunyai fungsi dan aroma yang sangat ekslusif. Tasbih Cendana 33 merupakan koleksi tasbih yang menggunakan kayu cendana sebagai bahan dasar untuk pembuatan biji tasbih. Setiap satu buahnya, tasbih ini memiliki 33 butir biji dari kayu cendana. Tasbih yang eksotis sekaligus bernilai estetika yang tinggi, dimana cendana merupakan kayu langka di dunia. Konon, tasbih kayu cendana mempunyai tuah sebagai penguat doa ( Insya Allah agar doa mudah diijabah / dikabulkan ), meningkatkan keluhuran budi dan kewibawaan, dan bersifat tenang karena faktor keharumannya ( aromatherapy ). Selain itu, tasbih dari kayu cendana juga dipercaya berfungsi sebagai media untuk keselamatan, ketentraman, kewibawaan, kekuatan, serta anti daya negatif ( tolak bala dan kekuatan sihir ).
Post Comment
Rekomendasi close button
Back to top

0 komentar

Bagaimana Pendapat Anda?