Tasbih Sebagai Perlengkapan Shalat


Tasbih Sebagai Perlengkapan Shalat




Kata kunci:

tasbih sebagai perlengkapan Shalat



Tasbih adalah salah satu alat yang digunakan untuk membantu pemeluk agama islam untuk berdzikir. tasbih sebagai perlengkapan Shalat digunakan untuk mengitung jumlah dzikir ketika selesai sholat. Dalam perkembangannya, tasbih mengalami banyak sekali perdebatan karena pada awalnya dianggap bukan sebagai warisan agama Islam itu sendiri, namun warisan dari agama Budha di China. Oleh karena itu, banyak yang memperdebatkan kehalalan dan kesahan penggunaan tasbih ketika sholat. Namun, banyak juga yang menganggap bahwa pengunaan tasbih ketika sholat tidak melanggar ketentuan agama karena tidak ada larangan yang jelas dalam Al Quran tentang penggunaan tasbih. Bahkan Rasulullah SAW sendiri tidak pernah melarang para sahabat yang menggunakan kerikil untuk membantu mereka berdzikir.

Oleh karena itu,masih banyak umat islam yang masih tetap menggunakan tasbih sebagai perlengkapan Shalat, karena penggunaan tasbih dipercaya memberikan manfaat yang luar biasa bagi ketebalan iman mereka. Pada dasarnya, banyak sekali alasan kenapa banyak sekali orang yang menggunakan tasbih ketika sholat. Alasan pertama adalah karena tasbih memberikan banyak sekali manfaat bagimereka. Dengan menggunakan tasbih, mereka tidak perlu lagi takut akan lupa berapa banyak hitungan dzikir yang sudah mereka lakukan. Tasbih membantu mengingat jumlahhitungan dzikir mereka dengan sangat mudaha, sehingga mereka tidak perlu mengulangi dzikir mreka lagi dari awal. Sehingga, berapa banyakpun merek berdzikir, mereka akan mengingat dan melakukannya dengan mudah.

Alasan lainnya kenapa tasbih sebagai perlengkapan Shalat menjadi sangat populer belakangan ini adalah desaindan bentuknya yang unik. Banyak sekali para pengrajin yang tertarik untukmembuat tasbihberbagai jenis sekarang,mulai dari tasbih berbahan baku material yang mahal seperti permata dan giok, sampai yang berbahan baku murah seperti kayu. Harganya pun bervariasi, mulai dari yang murah dan yang sangat mahal. Banyak orang yang bepergian haji tertarik untuk membeli tasbih sebagai oleh-oleh untuk sanak saudara mereka ketika mereka pulang dari menunaikan ibadah haji karena bentuknya yang unik dan simpel dan mudah dibawa kemana-mana. Sehingga, tasbih sebenarnya sangatlah bermanfaat bagi umat Islam.
Post Comment
Rekomendasi close button
Back to top

0 komentar

Bagaimana Pendapat Anda?