Keris Budaya Bangsa


Keris merupakan senjata tikam yang memiliki ujung runcing dan tajam. Keris memiliki bentuk bilah yang berkelok-kelok yang biasanya disertai dengan pamor atau hiasan yang apik yang diukir sesuai dengan selera sang empu, yang menciptakan keris tersebut. Keris juga merupakan senjata tradisonal yang telah digunakan oleh berbagai bangsa melayu yang ada di dunia ini selama lebih dari 600 tahun.

Keris mudah di bedakan dari senjata tajam lainnya karena bentuknya yang unik tidak simetris, di mana bagian pangkalnya melebar, seringkali bilahnya berliku-liku, dan banyak di antaranya memiliki guratan-guratan logam cerah pada helai bilahnya.

Keris sendiri fungsinya adalah sebagai enjata tilam yang digunakan sejak jaman dahulu. Namun, biasanya keris juga banyak digunakan untuk mendampingi pakaian atau ritual-ritual tradisi tertentu yang biasanya digunakan sebagai lambang kedaulatan dan identitas bagi beberapa golongan masyarakat tertentu.



Di Indonesia sendiri, senjata keris telah terdaftar dan diakui oleh UNESCO sebagai warisan budaya dunia milik Indonesia. Keris juga masih banyak digunakan sebagai pelengkap pakaian, identitas diri, senjata pusaka, dan sebagai senjata ritual yang biasa dilakukan di berbagai acara tradisi dan kebudayaan di Indonsia. Memang di negeri ini pusaka keris sendiri merupakan senjata yang khas yang masih melekat kuat mendampingi berbagai aspek kegiatan para masyarakat, khususnya di tanah Jawa.



Keris merupakan senjata istimewa dan memiliki unsur seni yang cenderung tinggi karena merupakan jenis senjata yang diciptakan oleh seorang empu. Seorang empu sendiri pastinya mempunyai selera seni yang tinggi dan sempurna saat menciptakan suatu hasil karya. Sehingga keris sampai saat ini pun masih banyak diburu karena keindahan dan sejarahnya yang menakjubkan dan khas.



Keris mempunyai berbagai jenis macam, namun saat ini keris yang biasa disimpan oleh berbagai orang tertentu atau keluarga keraton biasanya merupakan keris tayuhan yang mempunyai kemampuan atau kesaktian secara spiritual yang dapat digunakan untuk berbagai fungsi khusus yang diinginkan. Biasanya keris jenis ini akan dirawat dengan baik dengan menggunakan berbagai rangkaian ritual yang cenderung rumit.



Namun biasanya yang menjadi koleksi para kolektor adalah keris yang memiliki unsur seni yang tinggi yang lebih meninjolkan sisi keindahannya. Keris ini tentunya sedikit berbeda dengan keris tayuhan. Karena keris tayuhan biasanya memiliki desain yang cenderung simple, karena keris ini merupakan keris yang lebih mengedepankan tentang kesaktiannya daripada keindahan keris itu sendiri.



Hal yang membuat keris begitu terkenal tentunya berasal dari bagian bilahnya berkelok-kelok atau yang sering juga disebut dengan luk. Biasanya luk ini terdiri dari berbagai jumlah luk yang berbeda-beda yang biasanya memiliki arti masing-masing bagi yang menciptkannya.



Keris sendiri juga merupakan simbol kejantanan bagi para pria. Karena itulah keris merupakan senjata ala pria yang tidak atau jarang dipakai oleh kaum wanita. Namun semua itu tergantung pada kepercayaan dan sejarahnya masing-masing. Karena keris ini memiliki banyak sejarah dan fungsi yang berbeda-beda yang tersebar di seluruh Indonesia bahkan mancanegara.
Post Comment
Rekomendasi close button
Back to top

0 komentar

Bagaimana Pendapat Anda?