Misteri Tembok Raksasa China



Tembok besar cina atau yang disebut dengan tembok raksasa china merupakan tembok terbesar yang dibuat oleh manusia sepanjang masa pada tahun 1987 di RRC China. Tembok ini juga merupakan tembok yang dikenal menjadi salah satu "Tujuh Keajaiban Dunia" yang dikenal oleh masyarakat seluruh dunia dari saat dibangunnya, hingga saat ini. Namun, dibalik kemegahan tembok ini, ternyata ada misteri yang mencekam di dalamnya.

Tembok raksasa Cina ini merupakan tembok yang dibentuk dengan cara membangun tembok-tembok pendek yang dibentuk mengikuti pegunungan China yang telah dibangun sejak Dinasti Qin hingga Dinasti Ming. Tembok ini secara resmi dilaporkan dengan ukuran panjang 80.850km, namun sebenarnya lebih dari itu. Tembok ini terdiri dari tembok yang sejajar dengan pegunungan, parit, perbukitan, dan juga sungai-sungai.

Tembok besar china ini sendiri mempunyai berbagai teori pembangunan oleh para masyarakat. Yakni sebagai benteng pertahanan, batas wilayah kekuasaan/ kepemilikan, batas komunikasi antar wilayah, tembok pengintai dan masih banyak lagi. Tembok ini memang dikenal sebagai tembok yang dibangun pasa masa Dinasti Qin, namun tembok ini dapat berdiri kokoh dengan sempurna merupakan jerih payah para masyarakat pada jaman Dinasti Ming.

Dibalik kemegahannya tembok ini dibangun dengan biaya yang sangat mahal dengan ratusan ribu yang didominasi oleh para rakyat jelata. Bahkan tembok ini juga dikataka telah menelan korban jutaan jiwa hanya pada saat pembangunannya saja. Karena kejadian inilah tembok ini menjadi tembok yang cukup ditakuti untuk dilewati pada malam hari. Karena mengandung jutaan korban jiwa yang mati disana. Karena itu, banyak beberapa masyarakat yang lebih memilih untuk mengambil jalan arah lain daripada melewati tembok besar cina pada saat itu. Karena pada saat itu, tembok ini masih minim penerangan dan banyak penampakan yang mengganggu masyarakat yang melintas di sana.

Tembok besar China ini sebenarnya berujung di bawah permukaan waduk Panjikaou yang dilengkapi dengan Tower Pengamat di atasnya. Ujung tembok besar ini terlihat hampa, suram, dan juga mencekam. Dengan kematian jutaan pekerja yang membangunnya selama Dinasti Qing, maka tembok China ini juga dapat disebut dengan kuburan terpanjang sepanjang sejarah di muka bumi. Namun tentunya hal ini menjadi rahasia umum oleh para masyarakat masa lalu agar tempat ini menjadi tempat yang tetap padat dikunjungi oleh para wisatawan.

Tembok Besar China ini terdiri dari:

1. Menara Suar

Menara ini dulunya digunakan untuk menyampaikan pesan militer dengan cara membuat sinyal dan juga digunakan untuk mengintai musuh dari kejauhan.

2. Pintu Gerbang (Celah)

Pintu ini terdiri dari:

a) Chengqiang/ tembok pertahanan

b) Chenglou/ menara gerbang

c) Wangcheng » pelindung pintu gerbang

d) Luocheng » tembok untuk melindungi wengcheng

e) Parit dan saluran air

3. Tembok

Tembok ini merupakan arsitektur utama pada bangunan China ini. Tembok ini berfungsi sebagai penghubung dari segala bangunan yang ada dari menara suar, menara pengintai, dan juga pintu gerbang yang berfungsi sebagai garis pertahanan dari serangan musuh. Tembok ini dibangun sesuai dengan bentuk dataran dan pegunungan yang ada di sana. Karena tembok ini dibangun dengan melintasi area pegunungan, sungai, dan parit yang ada disana.

Bagian-bagian penting yang ada di tembok:

· Nuqiang/ tembok pelindung bagian atas

· Duokou/ tembok untuk pengintai

· Jalur kuda/ jalur setapak untuk penunggamg kuda

· Quanmen/ pintu melengkung untuk masuk ke tembok
Post Comment
Rekomendasi close button
Back to top

0 komentar

Bagaimana Pendapat Anda?