Berbagai Tempat Wisata Penuh Dengan Mitos Mistis

Tempat wisata selalu menjadi suatu destinasi menarik yang banyak dikunjungi, terlebih saat masa liburan telah tiba. Tempat wisata selalu menampilkan suatu keindahan maupun keunikan tersendiri yang dimilikinya sehingga menarik para pengunjung untuk datang dan melihat suatu kawasan wisata. Namun, lebih daripada itu, tempat wisata yang mempunyai mitos mistis biasanya lebih menarik kedatangan pengunjung. Berikut ini adalah beberapa lokasi wisata yang mengandung berbagai mitos yang berlokasi di kawasan Lombok, Nusa Tenggara Barat.



Apa saja tempat wisatanya ? Check this out ;)



1. Air Terjun Mayung Putek




Air terjun ini merupakan air terjun yang mempunyai keistimewaan tersendiri diantara berbagai air terjun lainnya. Keistimewaannya adalah, air terjun ini airnya mengandung air belerang yang menjadikannya airnya berwarna putih. Air belerang ini sejak dahulu telah dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit. Sehingga banyak yang tertarik untuk mencoba menyembuhkan masalah kulit mereka di tempat ini.



Mayung putek sendiri sebenarnya memiliki arti "Rusa Putih". Mitosnya, pada waktu-waktu tertentu, bila Anda tengah beruntung, Anda dapat melihat rusa putih tengah minum air dan mandi di kawasan air terjun ini. Air terjun ini sendiri memiliki ketinggian sekitar 60 meter dan memiliki air yang deras yang langsung menghujam ke bawah. Dan sebenarnya belerang yang ada pada air terjun ini berasal dari gunung Rinjani.



2. Air Terjun Tiu Kelep 






Ar terjun ini merupakan air terjun yang memiliki ketinggian 42 meter dengan tipe bertingkat-tingkat. Air terjun ini terletak di Desa Senaru, Kecamatan Bayan di Lombok Utara. Air terjun ini merupakan air terjun yang terbilang indah dan ramah. Karena air terjun ini memiliki air yang tidak begitu dalam, yakni hanya sepinggang orang dewasa, dan juga mempunyai dasar kolam yang lembut. Sehingga memudahkan para pengunjung untuk berjalan santai atau bahkan berenang.



Air terjun ini dipercaya dapat membuat awet muda bagi siapa saja yang mandi di tempat tersebut. Pengunjung air terjun in tentunya mayoritas adalah kaum wanita ;)



3. Makam Selaparang



Makam ini terletak di kawasan Kecamatan Swela, Lombok Timur. Makam ini mempunyai 3 kompleks makam yang paling populer. Yaitu, Makam Raja Selaparang, Makam orang tua Raja Seleparang, dan juga makam Panglima Gajah Mada. Makam ini biasanya padat dikunjungi pada musim ibadah haji, perayaan keagamaan, dan juga berbagai waktu khusus lainnya.



Di dalam makam ini ada sejumlah peraturan yang harus dipatuhi agar tak mengundang malapetaka. Yakni, tdak boleh memotret, tidak boleh mengenakan alas kaki, harus mengenakan baju yang sopan, dan juga dilarang keras untuk memasuki area makam bila sedang menstruasi.



Di tempat ini para pengunjung dapat menaburkan bunga dan membasuh wajah dengan air yang telah tersedia disana. Air ini dipercaya dapat memudahkan mereka yang tengah melajang agar cepat mendapatkan jodoh.



4. Makam Loang Baloq



Makam ini merupakan makam yang didalamnya terdapat puluhan jasad. Namun, yang menarik minat pengunujung adalah makam Maulana Syekh Gaus Abdurrazak; yang merupakan pendakwah Islam yang menyebarkan agamanya dari kawasan Turki, makam Anak Yatim, dan juga Datul Laut.



Di makam ini ada ritual yang dilakukan oleh para masyarakat yang ada yakni ritual potong rambut, anak yang masih balita. Selain itu, para peziarah juga dapat menyampaikan nazar dan juga berdoa ditempat tersebut agar permohonannya dapat terkabul. Dan setelah mengucapkan suatu nazar, mereka akan mengikatkan suatu benda ke akar gantung pohon beringin yang ada disana. Dan bla permohonan mereka terkabul, maka mereka akan kembali dan membuka ikatan yang telah diikatkan dan membayar nazar yang ada sebagai suatu perwujudan rasa syukur mereka. Tradisi ini dinamakan tradisi 'Saur Sesangi' yang masih banyak dilakukan oleh para masyarakat hingga kini.
Post Comment
Rekomendasi close button
Back to top

2 komentar

avatar

memang makam-makam tersebut percaya atau tidak mendatangkan berkah

avatar

banyak tempat yang dikermatkan, termasuk makam-makam bersejarah, komentar juga dong ke blog saya www.goocap.com

Bagaimana Pendapat Anda?