Hantu Lawang Sewu


Lawang Sewu merupakan bangunan kuno kolonial Belanda yang dibangun sebagai kantor Kereta Api. Bangunan ini memiliki area yang sangat luas dan memiliki banyak ruangan dan kolam penampungan air yang memiliki manfaatnya masing-masing. Bangunan ini sebenarnya tidak memiliki 1000 pintu seperti namanya. Namun, bangunan ini memang mempunyai banyak pintu dan juga banyak jendela yang tinggi menyerupai pintu yang kemudian dianggap masyarakat sebagai pintu. Itulah alasan utama yang membuat bangunan ini kemudian disebut sebagai Lawang Sewu.

Lawang Sewu sendiri merupakan salah satu cagar alam yang juga dikenal dengan keangkerannya. Bahkan lawang sewu dijuluki sebagai pusat berkumpulnya para hantu di kota semarang. Sebenarnya ini tidaklah aneh, karena memang nyatanya lawang sewu sendiri menyimpan ribuan mayat yang terkurung di berbagai ruangan yang bersemen. Ditambah lagi dengan keadaan bangunan lawang sewu yang besar yang memiliki kesan seram dan juga tidak terawat. Beberapa faktor inilah yang kemudian membuat Lawang Sewu menjadi ramai bahkan digunakan markas oleh para hantu di kota tersebut.

Hantu-hantu yang ada di Lawang Sewu pun terdiri dari berbagai macam. Mulai dari para pasukan tentara Belanda yang muncul dengan seragam dan juga senjata laras panjangnya, tentara Jepang yang memakai pakaian disertai pedang samurai dengan tampang yang bengis disertai kumis yang panjang. Selain itu ada juga penampakan wanita Belanda, anak-anak kecil, yang kemudian diramaikan dengan munculnya pocongan, kuntilanak, dan berbagai penampakan lainnya.

Berbagai kemunculan hantu tersebut tak lain karena Lawang Sewu merupakan tempat penyiksaan dan pembantaian para koloni Belanda oleh para tentara Jepang. Pembantaian ini tak tanggung-tanggung dilakukan dengan sangat keji. Bahkan kekejaman yang dilakukan para tentara Jepang dikatakan setara dengan pembantaian Nazi yang juga telah terkenal di seluruh penjuru dunia. Dan korban dari pembantaian yang dilakukan oleh tentara Jepang ini mencapai ribuan jiwa.

Di tempat ini yang paling sering muncul adalah suara-suara jeritan para Noni Belanda yang setelah itu selalu disusul dengan suara derap kaki para tentara Belanda dan Jepang. Jeritan tersebut diperkirakan karena mereka ketakutan saat menyaksikan kekejaman para tentara Jepang terhadap para tentara Belanda. Kekejaman yang terjadi biasanya adalah aksi para tentara Jepang tengah menyembelih kepala tentara Belanda. Dan hal itu biasanya selalu disertai dengan rintihan kesakitan oleh para tentara Belanda sebelum detik-detik kematiannya.

Selain itu, ada lagi senuah kepercayaan bagi siapa saja yang melihat hantu wanita di tempat tersebut, maka ia akan meninggal dunia. Hal ini dikarenakan mereka yang melihatnya kemudian akan dihantui dan diikuti kemanapun mereka pergi disertai dengan kata: "mas, tolong mas.." Secara berulang-ulang. Hal ini bila mereka tidak kuat dapat menyebabkan kegilaan atau bahkan kematian. Dan lagi terkadang para hantu Lawang Sewu yang merasa terusik akan marah dan merasuki tubuh manusia yang membuat huru hara saat ditempat tersebut yang dapat menyebabkan kerasukan dan juga kematian.

Bagi Anda yang mempunyai nyali, silahkan datang ke tempat ini pada malam hari. Namun bila Anda yang hanya ingin melihat-lihat saja, silahkan datang pada siang hari, karena Anda akan ditemani pemandu wisata yang akan memandu Anda berkeliling. Namun, janganlah khawatir; karena pada siang hari pun anda tetap dapat mengabadikan berbagai jenis hantu yang ada di sana. Karena tempat tersebut kini lebih seperti pameran hantu terbesar di kota Semarang. Jarena anda dapat melihat berbagai jenis penampakan hantu kama maupun hantu baru disana mulai dari siang hari sampai malam hari.

Untuk Anda yang ingin mengabadikan Lawang Sewu ini, Anda dapat mengambil dua cara. Bagi Anda yang agak penakut, silahkan gunakan video untuk aktifitas merekam. Karena cara ini dinilai paling smooth dan tidak mengganggu para penunggu di sana. Namun, untuk Anda yang ekstrim, Anda dapat menggunakan kamera untuk memotret. Dan biasanya saat memotret akan cenderung mengundang para hantu untuk datang mendekat. Anda dapat memilih sendiri cara yang terbaik untuk Anda.

Selamat berpetualang =]
Post Comment
Rekomendasi close button
Back to top

0 komentar

Bagaimana Pendapat Anda?