Makhluk Mitologi Terkenal Yang Jarang Diketahui oleh Banyak Orang

Dari berbagai cerita mitologi dunia, tentunya ada pula beberapa tokoh mitologi yang sangat terkenal di jamannya, namun tidak diketahui oleh banyak orang karena mereka dianggap tokoh rekaan belaka. Padahal, nama-nama ini banyak diambil menjadi berbagai tokoh fiksi dalam berbagai cerita untuk meramaikan suasana tanpa mereka ketahui bahwa makhluk-makhluk ini benar-benar ada, dan bukanlah hanya dongeng belaka. Apakah tokoh-tokoh terkenal tersebut ?

1. Thanatos ~ Mitologi Yunani

Thanatos merupakan dewa yang melambangkan kematian yang damai. Sentuhan yang dimilikinya sangatlah lembut, dan membuat siapapun yang disentuh oleh 'sentuhan kematian'nya seperti tertidur saja. Wujud dari Thanatos ini adalah pria tua yang memiliki janggut. Namun dapat juga digambarkan sebagai pria muda tanpa janggut yang dikelilingi kupu-kupu yang merupakan simbol orang yang mati.

Thanatos ini bila dilihat sekilas seperti tokoh Cerberus dari Cardcaptor Sakura, mungkin tokoh fiksi inilah yang mendekati bentuk badannya. Bedanya thanatos memiliki aura dan nuansa yang gelap dan berwujud manusia. Thanatos memiliki saudara perempuan yang bernama Keres yang merupakan roh pembantaian dan penyakit.

2. Garuda



Garuda merupakan raja dari segala burung yang ada. Dalam mitologi kuno, Garuda merupakan tunggangan Dewa Wishu (Dewa Pemelihara umat Hindu). Garuda ini dapat terbang dengan sangat cepat, yang kecepatan terbangnya ia dapat menertawakan angin yang ada di sekitarnya. Ia juga memang memiliki ukuran tubuh yang sangat besar layaknya burung dari jaman dinosaurus silam.

Dari bulu burung garuda ini, terdapat 6 ras burung yang ada dan kita kenal saat ini. Bahkan burung Phoenix yang terkenal pun juga merupakan perwakilan dari bulu Garuda yang ada pada saat itu.

Garuda ini memiliki kepala, sayap, cakar, dan juga paruh yang menyerupai burung elang. Namun, ia memiliki tubuh dan juga tangan yang kekar layaknya manusia. Warna wajah burung ini adalah putih, memiliki sayap merah, dan juga badannya yang berwarna emas. Dan pada saat sang garuda lahir, tubuhnya sangatlah bercahaya. Burung Garuda ini lahir dari dengan rasa benci yang mendalam terhadap kejahatan, dan ia senang mengembara untuk menelan kejahatan sampai seluruh muka bumi ini.

3. Aspidochelone


Bila jaman dahulu ada saat kita menemukan suatu pulau misterius yang tak ditemukan dalam peta manapun, dan pada suatu ketika tiba-tiba ia mulai bergerak maka ini merupakan Aspidochelone yang merupakan kura-kura raksasa. Kura-kura ini besarnya seperti ikan paus raksasa dan permukaan punggungnya menyerupai pulau dimana terdapat hutan liar dan bebatuan.

Dan bila Anda sedang berada di atas tubuhnya, maka hindarilah untuk menyalakan ap saat berada di atasnya. Karena, ia akan berenang ke dalam air dan menenggelamkan siapapun yang ada diatasnya. Dan termasuk menghancurkan kapal yang berlabuh di sekitarnya karna marah.

4. Anubis


Anubis merupakan Dewa berkepala serigala yang mempunyai tugas untuk mengarahkan orang mati ke Duat yang merupakan alam kematian di Mesir. Di tempat itulah mereka akan dihakimi untuk mempertanggung jawabkan segala tingkah laku mereka selama hdup di dunia.

Di bawah pengawasan Dewa Anubis, jantung para orang mati ini akan ditimbang dengan sebuah bulu yang melambangkan kejujuran dan kebenaran. Jika jantung mereka ternyata lebih ringan, maka mereka boleh lewat dan terbebas. Bila ternyata lebih berat, maka mereka akan diserahkan kepada Ammit, iblis yang gemar memangsa roh orang mati. Mengapa jantung yang ditimbang ? Karena di Mesir percaya bahwa tempat tersebut adalah tempat roh mereka.



5. Roc - Mitologi India dan Persia



Roc merupakan seekor burung raksasa berwarna putih yang buas dan suka memangsa binatang besar seperti gajah. Bila Anda mungkin sedang apes bertemu dengannya saat ia sedang memangsa gajah ataupun hewan lainnya, sebaiknya Anda segera lari dan bersembunyi sebelum Anda dijadikan sebagai makanan pencuci mulut olehya.



6. Charon



Charon merupakan roh yang bertugas untuk membawa roh-roh orang mati untuk menyebrangi sungai Stynx (simbol kebencian) dan sungai Acheron (smbol kesakitan). Kedua sungai ini merupakan sungai pembatas yang membatas dunia orang hidup dan dunia orang mati. Kepercayaan ini ada pada masyarakat timur tengah.



Namun, untuk melakukannya, Charon memerlukan bayaran yang berupa koin yang biasa diletakkan di mulut jenazah orang jaman dahulu sebelum dikuburkan. Dan barangsiapa yang tidak dikubur ataupun tidak bsa membayarnya, maka roh mereka akan mengembara di tepi sungai tersebut selama 100 tahun lamanya.



7. Firebird - Mitologi Rusia



Firebird merupakan seekor burung besar yang memancarkan cahaya berwarna merah, oranye, dan kuning menyerupai api. Dan walaupun bulunya dicabut, maka bulu tersebut tetap mengeluarkan cahaya yang dapat menerangi sebuah aula besar. Burung firebird ini bukanlah burung phoenix, karena karakteristik tubuh mereka berbeda.
Post Comment
Rekomendasi close button
Back to top

0 komentar

Bagaimana Pendapat Anda?